Bappebti Panggil Indodax Buntut Kasus Dugaan Peretasan

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kasan mengaku mendapatkan laporan salah satu Calon Pedagang Fisik Aset Kripto (CPFAK), PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax), diduga mengalami peretasan pada sistem transaksi Aset Kripto. Hal ini dia sampaikan dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Rabu, 11 September 2024.

Kasan menjelaskan badan di bawah naungan Kementerian Perdagangan (Kemendag) itu telah berkoordinasi dengan Indodax. Dia mengaku telah memanggil pihak Indodax untuk meminta penjelasan perihal kasus tersebut. “Saat ini, Indodax sedang dalam proses investigasi terhadap sistem nan diduga mengalami peretasan tersebut,” kata dia, dikutip dari keterangan tertulis.

Ia mengatakan Indodax tengah melakukan penutupan sistem secara menyeluruh untuk memastikan semua sistem beraksi dengan baik. Karena itu, dia mengimbau masyarakat, khususnya pengguna Indodax, agar tetap tenang dan tidak panik.

CEO Indodax, Oscar Darmawan, membenarkan sistem transaksinya diduga tengah mengalami peretasan. Dia mengaju telah melakukan investigasi dan pemeliharaan menyeluruh terhadap sistem nan ada. Selama proses ini, platform web dan aplikasi Indodax tidak dapat diakses. “Namun, tidak perlu khawatir, lantaran kami pastikan bahwa saldo pengguna bakal aman, baik secara mata uang digital maupun rupiah,” kata dia, dikutip dari keterangan tertulis.

Indodax sebelumnya mengalami aktivitas tidak biasa berupa serangkaian transaksi mencurigakan terdeteksi oleh perusahaan keamanan Web3, Cyvers Alerts. Kerugian akibat peretasan diperkirakan mencapai nomor 18,2 juta dolar Amerika alias sekitar Rp 280 miliar.

Iklan

“Peringatan Hai @indodax, sistem kami telah mendeteksi beberapa transaksi mencurigakan nan melibatkan dompet Anda di jaringan nan berbeda. Alamat nan mencurigakan sudah menampung 14,4 juta USD dan menukar token ke Ether,” tulis akun X resmi Cyvers Alerts pada Rabu, 11 September 2024.

Hanin Marwah berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Indodax Sebut Transaksi Kripto Kembali Naik: Cerminkan Minat masyarakat Makin Tinggi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis