Bappenas Kerja Sama dengan Inggris Kawal Isu SDGs dan Ekonomi Hijau

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) meneken nota kesepahaman (MoU) dengan pemerintah Inggris untuk mengawal rumor pembangunan berkepanjangan (SDGs) serta ekonomi hijau. Pemerintah Inggris diwakili oleh Menteri untuk Pembangunan, Perempuan, dan Kesetaraan Anneliese Dodds.

Kerja sama tersebut bakal meliputi banyak isu-isu strategis berangkaian dengan pembangunan berkepanjangan dan ekonomi hijau. Termasuk pemanfaatan daya bersih dan terbarukan, pembangunan industri hijau, serta pembangunan nan inklusif dan berperspektif gender.

“Kerja sama tersebut berfokus pada isu-isu strategis termasuk perubahan iklim, konservasi rimba dan sumber daya alam, pengembangan daya rendah karbon, pembangunan perkotaan dan transportasi berkelanjutan,” kata Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa dalam sambutannya pada Selasa, 17 September 2024 di Menara Bappenas.

Suharso juga mengatakan, Indonesia dan Inggris mempunyai riwayat panjang mengenai kerja sama bilateral. Maka menurutnya, program ini krusial lantaran berfaedah sebagai landasan umum untuk kelanjutan kerja sama antara Indonesia dan Inggris. Sekaligus mengidentifikasi kesempatan baru nan selaras dengan prioritas pembangunan Indonesia Emas 2045 dan agenda pembangunan dunia SDGs 2030.

“MOU ini bakal berfaedah sebagai landasan umum untuk kelanjutan kerja sama nan telah kita jalin, sekaligus mengidentifikasi kesempatan baru,” terang Suharso.

Iklan

Anneliese Dodds juga menyambut baik kerja sama ini. Ia mau membangun kerja sama nan lebih kuat lagi dengan Indonesia dalam rumor pembangunan berkepanjangan ini, terkhusus soal green growth, climate finance, dan climate resilience. Ia apalagi menyatakan keinginannya untuk bekerjasama dengan pemerintahan Prabowo Subianto.

“Kami sangat berkeinginan untuk bekerja berbareng lebih kuat sebagai pemerintahan baru, dan pemerintah UK baru telah mengatakan dari awal partisipasi dengan Indonesia ini sangatlah berbobot dan terhormat,” ujar Anneliese.

Selain dengan Kementerian PPN/Bappenas, Menteri Dodds juga direncanakan bakal berjumpa dengan Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar pada hari ini. Kemudian besok hari, dia direncanakan bakal berjumpa dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia besok untuk membahas kemitraan bilateral dalam mengatasi krisis iklim, kehutanan, transisi energi, dan agenda pembangunan internasional nan lebih luas.

Pilihan Editor: Ini Kronologi Ekspor Pasir Laut: Dihentikan Megawati dan Dibuka Lagi Jokowi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis