Basarah Buka Peluang PDIP Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan partai terbuka untuk mengusung Anies Baswedan dalam pemilihan kepala wilayah (Pilkada) di Jakarta pada November 2024.

Basarah menyebut ada kemungkinan PDIP bekerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengusung eks gubernur Jakarta itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kemungkinan kita bakal melakukan kerja sama politik masuk di dalam pilkada Jakarta," kata Basarah di Kantor DPP PKB, Sabtu (8/6).

Dia lampau berujar, "Kalau kemungkinan PKB mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta, maka ketika kerja sama kami dengan PKB direalisasi dalam pilkada Jakarta, sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon nan diusung dari PKB."

Basarah menjelaskan bahwa menggandeng parta politik lain untuk mengusung pasangan calon di Pilkada bakal lebih baik daripada berjuang sendiri.

Dia tak menampik PDIP bisa mengusung pasangan sendiri.

"Saat ini PDI Perjuangan memerlukan kerja sama politik dengan partai-partai politik lain, tentu dalam mengusung kepala dan wakil kepala wilayah kudu ada kerja sama partai politiknya," ucap Basarah.

Lebih lanjut, dia menerangkan saat kerja sama politik kedua partai terjadi maka kemungkinan besar calon wakil gubernur pasangan Anies bakal berasal dari PDI P.

Sejumlah nama nan kemungkinan mendampingi Anies pun mencuat. Salah satunya mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa nan belum lama resmi jadi kader PDI P.

"Mungkin juga dibicarakan dengan calon nan mungkin bakal kami usung dari PDI Perjuangan," kata Basarah.

Namun, Basarah menekankan sejauh ini belum ada keputusan akhir. Dia menyebut perlu komunikasi lebih lanjut antar partai untuk bisa bekerja sama.

"Tapi sekali lagi, tahapan pembicaraan pembahasan mengenai pilkada DKI Jakarta, dan saya kira pilkada di tempat lainnya, tetap proses pengerucutan belum sampai konklusi apalagi keputusan," ungkap dia.

Terpisah, Anies Baswedan merasa terhormat dan menyampaikan rasa terimakasih soal kesempatan PDIP mengusung dia.

"Secara umum saya sampaikan apresiasi sekali, terima kasih sekali, sebuah kehormatan nan luar biasa," kata Anies usai menghadiri Dialog Lintas Iman di Wisma Sangha Theravada Indonesia, Jakarta Selatan, Sabtu (8/6).

Anies tak memberikan banyak komentar. Dia juga tak memberi jawaban tegas apakah bakal maju di pemilihan gubernur Jakarta usai kalah dalam pemilihan presiden pada Februari.

"Kita lihat," ujar dia singkat.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan apresiasi kepada partai-partai nan menyatakan kesempatan untuk memberikan support ke dia dalam Pilkada Jakarta 2024.

Anies lantas meminta seluruh pihak menunggu perkembangan selanjutnya. Dia juga mengungkapkan kesempatan itu muncul tak lepas dari situasi Jakarta lima tahun sebelumnya.

"Apresiasi kepada partai-partai nan memberikan kepercayaan itu, dan tentu itu tidak lepas dari suasana nan tadi kita bahas. Bahwa Jakarta nan tenang, teduh, tenteram selama 5 tahun kemarin tentu kita mau teruskan ke depan," ujar dia.

(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional