BCA Raih Penghargaan Asia's Best CSR

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sukses meraih penghargaan sebagai Asia’s Best CSR di aktivitas 14th Asian Excellence Award 2024. Capaian ini tidak terlepas dari upaya BCA nan senantiasa menghadirkan beragam program inklusif berjulukan Bakti BCA.

Ajang 14th Asian Excellence Award 2024 merupakan aktivitas rutin nan diselenggarakan oleh Corporate Governance Asia, sebuah majalah nan diterbitkan oleh New Initiative Media Ltd. Majalah ini terbit setiap tiga bulan sekali dan aktif mengangkat rumor mengenai lingkungan, sosial, tata kelola perusahaan, dan rumor keberlanjutan.

Corporate Governance Asia mempunyai pembaca dari kalangan pelaksana pada perusahaan-perusahaan terkemuka di area Asia. Program Bakti BCA berkomitmen untuk menciptakan akibat positif dari mulai skala individu, masyarakat, dan ekosistem. 

BCA percaya bahwa perseorangan nan berkekuatan dapat memberdayakan komunitasnya, dan organisasi nan berkekuatan dapat berkontribusi positif pada kelestarian ekosistem, sehingga tercipta sebuah siklus nan saling berpengaruh. Berdasarkan semangat tersebut, program Bakti BCA mencakup beberapa aspek, ialah kesehatan (Bakti Kesehatan), pendidikan (Bakti Pendidikan), budaya (Bakti Budaya), pemberdayaan masyarakat (Bakti UMKM & Desa Bakti BCA), serta lingkungan (Bakti Lingkungan).

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, untuk menciptakan generasi masa depan Indonesia nan berkualitas, diperlukan kerjasama dari beragam pihak, termasuk dari sektor bumi usaha. Karena itu, pihaknya berkomitmen untuk terus menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

"Melalui program Bakti BCA, kami secara konsisten berinovasi untuk menciptakan solusi nan efektif dan relevan guna menjawab tantangan nan dihadapi masyarakat dan lingkungan," ujarnya.

Dalam rangka memperkuat jejak hormat perusahaan untuk membangun Indonesia nan lebih baik, perseroan meluncurkan kampanye #BuktiBaktiBCA pada April 2024 lalu. Kampanye ini mengomunikasikan beragam program pengembangan berkepanjangan dari Bakti BCA, sekaligus membujuk seluruh pihak untuk turut berkontribusi positif bagi pembangunan berkepanjangan di Indonesia. 

Berikut #BuktiBaktiBCA di sepanjang enam bulan pertama tahun 2024:

Bakti Pendidikan 
Sepanjang semester I 2024, BCA telah melaksanakan edukasi literasi finansial dari barat hingga timur Indonesia, nan dihadiri oleh lebih dari 20.000 peserta. BCA juga memberikan Beasiswa Bakti BCA 2024 bagi 700 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi di Indonesia.

Untuk meningkatkan pendidikan tingkat sekolah, BCA menambah 4 sekolah bimbingan baru nan tersebar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Bengkulu, Soe (Nusa Tenggara Timur), dan Sorong (Papua Barat). Merayakan Hari Pendidikan Nasional, Bakti BCA menggelar program BCA Berbagi Ilmu nan diinisiasi oleh rangkaian kuliah umum untuk lebih dari 3.300 mahasiswa di lima perguruan tinggi, dan disampaikan langsung oleh dewan BCA.

Iklan

Program ini juga menyelenggarakan student banking tour ke sejumlah instansi bagian BCA, nan diikuti lebih dari 500 peserta di 5 kota. Program BCA Berbagi Ilmu dilengkapi dengan program kelas merias bagi Sahabat Disabilitas (Teman Tuli), berjudul “The Beauty of Disabilities: Makeup Class with BCA”. 

Bakti Kesehatan 
Sepanjang semester I 2024, BCA telah melaksanakan beragam program seperti, aktivitas Donor Darah, nan sukses mengumpulkan lebih dari 1.200 kantong darah; aktivitas Operasi Katarak cuma-cuma untuk nyaris 200 pasien dan dilaksanakan di tiga lokasi, ialah RSUD dr. Salim Alkatiri Namrole, Buru Selatan, RSUD Pasangkayu, Sulawesi Barat, dan RSUD Bengkulu Tengah; serta support biaya pengobatan bagi lebih dari 6.800 orang di Klinik Binaan Bakti BCA-Donasi senilai US$509,811 (sekitar Rp8 miliar) untuk program dalam Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia (PASTI)

Bakti Budaya 
Dalam upaya melestarikan wastra nusantara dan lingkungan, sejak 2022 BCA berbareng Perkumpulan Warna Alam Indonesia (WARLAMI) melaksanakan pembinaan pewarnaan alam kepada golongan penenun dan pegiat wastra di Timor Tengah Selatan, Baduy, dan Sumba Timur. Dengan pembinaan ini, diharapkan organisasi tersebut dapat menghasilkan karya wastra ramah lingkungan dan berbobot jual tinggi. Pada semester I 2024, BCA telah melaksanakan pembinaan pewarnaan alam wastra dengan total peserta sebanyak 65 orang. 

Bakti UMKM & Desa Bakti BCA 
Sepanjang semester I 2024, Bakti BCA berfokus untuk memperluas akses pasar dan promosi untuk sejumlah UMKM & Desa Bakti BCA. Upaya ini dilakukan melalui beragam macam strategi, mulai dari kemudahan pemesanan tiket paket wisata Desa Bakti BCA melalui BCA mobile, kerjasama promosi dengan sejumlah Online Travel Agent (OTA), promosi produk-produk UMKM & Desa Bakti BCA melalui aktivitas internasional seperti Bali & Beyond Travel Fair dan The Amsterdam Coffee Festival, hingga partisipasi pada event BCA Expoversary 2024.

Seluruh upaya ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari pelaku upaya di UMKM dan Desa Bakti BCA. Sepanjang semester I 2024, seluruh Desa Bakti BCA sukses mendapatkan pendapatan lebih dari Rp5 miliar.
Di luar pengembangan desa binaan, Bakti BCA juga menyelenggarakan Workshop Sertifikasi Halal cuma-cuma di penjuru Indonesia. Hingga akhir Juni 2024, workshop tersebut telah terlaksana di beberapa kota, ialah Jabodetabek, Garut, Tegal, Bali, Makassar, dan Samarinda. Total peserta workshop tercatat sebanyak 659 pelaku usaha. Nantinya, Bakti BCA bakal memfasilitasi para peserta untuk bisa memperoleh sertifikat legal secara gratis.

Bakti BCA mendukung revitalisasi Kebun Kopi Cikoneng di Desa Tugu Utara, Bogor. Selain memberikan support perangkat dan kebutuhan untuk bertani di kebun seluas 10 hektare (ha), Bakti BCA juga mendukung penyelenggaraan program Sekolah Lapang. Berkolaborasi dengan Yayasan Kopi Nasional (YKN) berbareng Dinas Tanaman Pangan Hortikultura & Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, program Sekolah Lapang bakal memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada petani selama satu tahun.

Bakti Lingkungan 
Bakti BCA turut serta dalam mendukung pemerintah dalam konservasi orangutan melalui perbaikan 4 pulau buatan nan terdiri dari dua pulau pra-pelepasliaran serta dua pulau perlindungan (sanctuary), serta turut merehabilitasi 5 orang utan. Selain itu, BCA juga turut dalam konservasi penyu melalui kerja sama dengan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) dalam penelitian Inkubator Buatan (Intan) skala Ruang ialah media penetasan telur penyu tanpa pasir nan bisa menampung 15.000 telur penyu.

BCA juga konsisten melakukan pemadaman di 946 instansi bagian selama satu jam, dalam rangka partisipasi pada program dunia Earth Hour 2024. Bakti BCA juga menyediakan Mesin Daur Ulang Botol Plastik Bakti BCA di sejumlah titik, dari mulai Institut Teknologi Bandung, sejumlah Desa Bakti BCA, serta di sepanjang penyelenggaraan BCA Expoversary 2024. Secara total, Mesin Daur Ulang Botol Plasti Bakti BCA telah mengumpulkan lebih dari 16.000 botol plastik di sepanjang semester I 2024. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis