Bendera Bajak Laut Topi Jerami Berkibar di Aksi Tolak RUU Pilkada

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu peserta tindakan menolak pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada terlihat membawa bendera bajak laut Monkey D. Luffy dari manga One Piece.

Bendera tersebut berkibar berbarengan dengan bendera-bendera massa tindakan lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keberadaan bendera tersebut jelas menarik perhatian dari massa tindakan nan berada di depan Gedung DPR, Kamis (22/8). Bendera berwarna hitam dengan gambar tengkorak itu dibawa oleh seorang peserta aksi.

Aksi demonstrasi besar-besaran ini digelar buntut sikap pemerintah dan DPR nan menyetujui revisi UU Pilkada Nomor 10/2016. Rapat pembahasan itu hanya berjalan selama tujuh jam pada Rabu (21/8).

PDIP jadi satu-satunya fraksi di DPR nan menolak revisi UU Pilkada itu. Materi nan disepakati dalam pembahasan itu justru bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang periode pemisah pencalonan kepala wilayah dan penghitungan syarat usia pasangan calon kepala daerah.

DPR sedianya mengagendakan rapat paripurna pengesahan RUU Pilkada. Namun, rapat paripurna ditunda lantaran personil majelis peserta rapat tidak memenuhi kuorum. 

Massa tindakan nan menolak pengesahan RUU Pilkada berhasil menjebol dua pagar Gedung MPR/DPR. Sejumlah mahasiswa pun merangsek masuk hingga ke lapangan di dalam lingkungan gedung dewan.

Selain itu mahasiswa juga sukses merobohkan gerbang belakang Gedung DPR. Aparat kepolisian membikin barikade untuk mengadang para mahasiswa.

(tfq/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional