Benny K Harman Minta Kapolri Turun Tangan Usut Kematian Afif Maulana

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 24 Jun 2024 18:37 WIB

Anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo tak tinggal tak bersuara atas kasus dugaan penyiksaan remaja di Padang. Anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo tak tinggal tak bersuara atas kasus dugaan penyiksaan remaja di Padang. (Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo tak tinggal tak bersuara atas dugaan kasus penyiksaan oleh Polisi terhadap siswa SMP berjulukan Afif Maulana (13) hingga tewas di Padang, Sumatera Barat.

Benny meminta Listyo mengambil tindakan jika Polda Sumatera Barat tak bisa mengatasi kasus ini secara tuntas dan transparan.

"Kita minta laporan masyarakat itu kudu ditindaklanjuti oleh ketua kepolisian tingkat daerah," kata Benny di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau tingkat wilayah tidak bisa saya minta ketua polisi paling tinggi segera mengambil langkah kongkrit merespons masalah ini di Sumatera Barat di Padang," sambungnya.

Benny menjelaskan saat ini Komisi III DPR tetap melakukan penelusuran atas peristiwa nan menewaskan Afif ini.

Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui apa tindak lanjut dari Komisi III DPR merespons peristiwa nan diduga melibatkan personil Sabhara Polda Sumbar ini.

"Tanya ke ketua komisi 3," ujar dia.

Sebelumnya, Kapolda Sumbar Suharyono membantah dugaan penyiksaan nan dilakukan personil Sabhara terhadap Afif. Ia menyatakan Afif terjun ke sungai saat dilakukan pengamanan tindakan tawuran.

"Saat terjadi pengejaran itu, ada upaya (korban) melompat dari motor ke sungai. Ini merupakan kesaksian kawan korban nan berjulukan Adit saat kita periksa," ujarnya kepada wartawan, dikutip Senin (24/6).

"Ini sudah ada kesaksian Aditia bahwa memang almarhum Afif Maulana berencana masuk ke sungai. Menceburkan diri ke sungai. Ini cerita sebenarnya lantaran kesaksian nan kita ambil dari kawan nan ikut serta dalam tawuran itu," imbuhnya.

Afif sebelumnya ditemukan tewas dengan kondisi luka lebam di bawah jembatan Batang Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Minggu (9/6) siang.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang menduga korban meninggal bumi lantaran disiksa personil Sabhara Polda Sumbar nan sedang melakukan patroli pencegahan.

(mab/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional