BI Catat Pertumbuhan Kredit Perbankan Sebesar 11,40 Persen pada Agustus 2024

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan angsuran pada Agustus 2024 mencapai 11,40 persen tahun ke tahun (year on year). Meski jumlahnya lebih rendah dibandingkan dua bulan lalu, BI menilai pertumbuhan ini tetap tergolong kuat.

“Pertumbuhan angsuran pada Agustus 2024 tetap kuat mencapai 11,40 persen (yoy),” kata Gubernur BI Perry Warjiyo saat konvensi pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada Rabu, 18 September 2024.

Perkembangan itu, kata Perry, ditopang oleh beberapa aspek ialah sisi penawaran sejalan dengan minat penyaluran angsuran nan terjaga, pendanaan nan memadai, realokasi perangkat likuid ke angsuran oleh perbankan, dan support Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) BI.

Hingga pekan kedua September 2024, BI mengatakan telah menyalurkan insentif KLM sebesar Rp 256,1 triliun. Dana tersebut disalurkan kepada golongan bank badan upaya milik negara (BUMN) sebesar Rp 118,6 triliun, bank umum swasta nasional (BUSN) sebesar Rp 110,5 triliun, bank pembangunan wilayah (BPD) sebesar Rp 24,4 triliun, dan instansi bagian bank asing (KCBA) sebesar Rp 2,6 triliun.

Insentif KLM diberikan kepada sektor-sektor prioritas, ialah hilirisasi minerba dan pangan; upaya mikro, mini dan menengah (UMKM); sektor otomotif; perdagangan dan Listrik, Gas dan Air (LGA); serta sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pertumbuhan angsuran juga didukung oleh sisi permintaan nan dinilai tetap baik dari korporasi, terutama korporasi di sektor padat modal.

Sementara itu, permintaan kredit rumah tangga terjaga, terutama pada sektor properti. Secara sektoral, pertumbuhan angsuran pada kebanyakan sektor ekonomi tercatat tetap kuat, terutama pada sektor Industri, LGA, dan pengangkutan.

Berdasarkan golongan penggunaan, pertumbuhan angsuran ditopang oleh angsuran modal kerja, angsuran investasi, dan angsuran konsumsi, nan masing-masing tumbuh sebesar 10,75 persen (yoy), 13,08 persen (yoy), dan 10,83 persen (yoy) pada Agustus 2024. 

Selanjutnya: Pembiayaan syariah dan angsuran UMKM tumbuh masing-masing....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis