BMKG: Banjir dan Longsor Potensi Terjang IKN Imbas Curah Hujan Tinggi

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 02 Sep 2024 14:52 WIB

BMKG menyebut karakter cuaca di ibu kota negara, Nusantara, adalah hujan sepanjang tahun sehingga berpotensi picu banjir dan tanah longsor. BMKG mengungkap potensi besar musibah banjir dan tanah longsor di IKN Nusantara lantaran curah hujan turun sepanjang tahun. (REUTERS/Willy Kurniawan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Deputi Modifikasi Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG) Tri Handoko Seto mengatakan curah hujan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur terjadi sepanjang tahun.

Dia juga mengungkapkan area ini potensial besar terjadi musibah banjir dan tanah longsor imbas curah hujan tinggi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di sana itu hujannya sepanjang tahun. Musim kemaraunya tetap 150 milimeter itu tetap garis batas. Masuk September naik lagi. Jadi memang di sana karakter hujan sepanjang tahun. Potensi musibah banjir tanah longsor besar," kata Seto usai menggelar Rapat Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (2/9).

Seto menjelaskan karakter curah hujan khususnya di area IKN tidak sama dengan di wilayah di Jakarta.

Guna meminimalisir perihal itu, dia mengatakan BMKG melakukan pelbagai upaya seperti modifikasi cuaca untuk mengurangi curah hujan di IKN nan berpotensi banjir dan tanah longsor tersebut.

"Masih ada nan bobol-bobol juga sedikit, tapi ya ada genangan-genangan tetap ada, tapi kita berupaya semaksimal mungkin untuk menguranginya sesuai dengan pemisah keahlian manusia dan pemisah teknologi nan ada di Indonesia," kata dia.

Sebelumnya, BMKG sempat memprediksi sifat hujan di musim tandus unik Kalimantan menunjukkan sebagian besarnya Normal, ialah 46 ZoM. Sebanyak 17 ZoM lainnya diprediksi mengalami sifat Atas Normal, dan 4 ZoM Bawah Normal.

Pada peta prediksi musim tandus 2024, IKN dan sekitarnya ditampilkan dengan warna kuning namalain sifat hujan normal.

(rzr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional