BPOM Akan Beri Akses Khusus 3 Obat Cacar Monyet Masuk Indonesia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 28 Agu 2024 03:40 WIB

BPOM bakal memberikan akses unik untuk tiga obat cacar monyet alias Mpox sehingga bisa segera masuk Indonesia. Ilustrasi. BPOM bakal memberikan akses unik untuk tiga obat cacar monyet alias Mpox sehingga bisa segera masuk Indonesia. (iStockphoto/ardasavasciogullari)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bakal memberikan akses unik untuk tiga obat cacar monyet alias Mpox sehingga bisa segera masuk Indonesia.

Kepala BPOM Taruna Ikrar merinci tiga obat untuk pasien Mpox nan dimaksud adalah tecovirimat, cidofovir, dan brincidofovir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ketiga obat-obat ini sudah diproduksi dan kami juga berambisi lewat Kemenkes nantinya kami bakal berikan akses unik bisa masuk ke Indonesia," kata Taruna di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (27/8).

Selain obat, pemerintah menurutnya juga berencana mendatangkan vaksin Mpox dari luar negeri. Ia mengatakan salah satunya adalah vaksin Jynneos nan berfaedah untuk pencegahan dan juga pengobatan.

"Jadi di Indonesia juga lewat spesial access kami sudah mempunyai sekitar 7.600 dosis," kata dia.

[Gambas:Video CNN]

Taruna pun meyakini Indonesia bakal bisa menangani penyakit Mpox lantaran telah mempunyai dua hingga tiga tahun pengalaman dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19).

Ia memastikan BPOM berbareng Kemenkes bakal berupaya semaksimal mungkin mencegah penyebaran kasus Mpox di Indonesia.

"Jadi saya percaya bahwa BPOM beserta bekerja sama dengan semua stakeholder bahwa pengarahan Bapak Presiden tentu kami bakal berupaya melindungi dan mendampingi rakyat secara maksimal khususnya untuk tupoksi pengawas obat dan makanan," ujarnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 14 Agustus telah menetapkan Mpox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat nan Menjadi Perhatian Internasional (Public Health Emergency of International Concern/PHEIC) menyusul peningkatan kasus Mpox di Republik Demokratik Kongo dan sejumlah negara di Afrika.

Sementara itu, Kemenkes mencatat hingga Agustus 2024, Indonesia telah melaporkan sebanyak 88 kasus konfirmasi Mpox sejak pada 2023-2024.

Kasus konfirmasi terbanyak berada di Jakarta, ialah hingga 59 kasus. Jawa Barat mengikuti dengan 13 kasus, diikuti Banten dengan sembilan kasus konfirmasi.

(khr/chri)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional