Bursa Calon Gubernur Jakarta Terbaru, PKS Usung Sohibul Iman

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bursa calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 semakin panas. Kini muncul nama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman yang diusung sebagai calon gubernur Jakarta.

"Kandidat nan kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, nan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," kata Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri, Minggu (23/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mabruri menilai Sohibul Iman mempunyai integritas dan kecakapan nan mumpuni untuk menjadi bakal calon gubernur.

Selain itu, Sohibul Iman mempunyai kepemimpinan nan teruji dalam membawa PKS naik kelas.

Menurutnya, PKS di bawah ketua Sohibul mengalami peningkatan bunyi dan bangku secara signifikan dari 8,46 juta bunyi alias 6,77 persen di 2014 menjadi 11,49 juta bunyi alias 8,21 persen di 2019, alias meningkat dari 40 bangku di 2014 menjadi 50 bangku di 2019.

Sementara itu Sohibul Iman menyatakan siap untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Saya tidak ada persiapan khusus, tapi sebagai kader partai tentu saya kudu selalu siap diberi amanah apa pun," kata Sohibul kepada CNNIndonesia.com.

"Apalagi amanah kali ini merupakan aspirasi (usulan, keinginan, dan harapan) dari kader DKI dan inspirasi (pemikiran, pertimbangan, dan putusan) dari ketua Pusat. Sebagai kader tidak sepantasnya saya mengabaikan aspirasi kader dan inspirasi pimpinan," imbuhnya.

Sebelumnya, DPW PKS DKI Jakarta mengusulkanAnies Baswedansebagai calon gubernur Jakarta.

Anies menjadi nama nan paling banyak dilirik oleh partai politik. Anies saat ini telah mendapatkan support untuk maju memperebutkan bangku Jakarta 1 dari PKB, PDIP dan NasDem wilayah Jakarta.

Kendati demikian, dia belum mendapatkan surat rekomendasi support dari tingkat pusat ketiga partai tersebut.

Selain Anies, ada pula mantan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 Ridwan Kamil. Pria nan berkawan disapa RK ini sudah mendapat support dari Partai Gerindra dan PAN untuk maju di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Calon lain nan digadang-gadang masuk bursa Pilgub DKI Jakarta adalah putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

Nama Kaesang masuk bursa Pilgub Jakarta 2024 selain lantaran modal delapan bangku PSI di DPRD DKI Jakarta, ada pula putusan Mahkamah Agung (MA) mengenai perubahan syarat usia calon kepala daerah.

Terakhir ada mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama namalain Ahok. Politikus PDIP itu mengaku paling siap jika diusung sebagai calon gubernur Jakarta.

(lna/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional