Cak Imin Berkemas Usai 20 Tahun di DPR: Saya Pamit

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 30 Sep 2024 18:18 WIB

Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin mengakhiri masa kerjanya di DPR selama 20 tahun. Tetap aktif sebagai Ketum PKB. Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin mengakhiri masa kerjanya di DPR selama 20 tahun. Tetap aktif sebagai Ketum PKB. (CNN Indonesia/Thohirin)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mulai berkemas meninggalkan ruangan Wakil Ketua DPR, di kompleks parlemen, Senayan, Senin (30/9). Hal itu dia lakukan setelah rapat paripurna terakhir DPR periode 2019-2024.

Usai rapat, Cak Imin langsung menuju ruangannya di lantai 4 Gedung Nusantara IV. Dia didampingi sejumlah elite PKB saat berkemas.

"Hari ini saya mengakhiri pengabdian 20 tahun di DPR RI," kata Cak Imin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menyatakan bakal mengakhiri pengabdiannya setelah 20 tahun menjadi personil DPR. Pada Pemilu 2024, Cak Imin tak maju lagi sebagai calon personil legislatif, tetapi menjadi calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan.

"Setidaknya hari ini sudah cukuplah 20 tahun pengalaman mengabdi melalui legislatif. Saya juga sudah pernah mengabdi di pelaksana sebagai Menteri Tenaga Kerja," ujar Cak Imin.

Cak Imin mulai aktif sebagai personil majelis sejak berakhirnya Orde Baru. Kala itu, dia langsung menjadi Wakil Ketua DPR termuda sepanjang sejarah di usia 33 tahun.

Dia juga pernah menjadi Wakil Ketua MPR selama setahun pada 2018-2019. Pada Pemilu 2019, Cak Imin kembali terpilih sebagai personil majelis dan menjadi Wakil Ketua DPR.

Cak Imin menegaskan bakal tetap aktif berkontribusi pada bagian lain setelah berakhir dari DPR. Ia menyatakan tetap aktif partai sebagai ketua umum dan bakal mengurusi pendidikan.

"Ke depan saya mengabdi ke partai sebagai ketua umum dan lembaga-lembaga pendidikan," kata Cak Imin.

"Saya pamit kepada semua partai-partai nan ada di legislatif. Saya bakal konsentrasi di ketua umum dan mengurus lembaga-lembaga pendidikan," ucapnya.

Adapun personil DPR RI periode 2024-2029 bakal dilantik pada Selasa (1/10). Selanjutnya, presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024 bakal dilantik pada 20 Oktober 2024.

(thr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional