Cak Imin Kritik Tenda Haji RI di Mina: Jemaah Tidur Kayak Sarden

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 19 Jun 2024 09:37 WIB

Cak Imin mengkritik keras kondisi tenda jemaah haji Indonesia di Mina nan sempit dan tak sesuai kapasitas. Ilustrasi. Tenda jemaah haji Indonesia di Mina memprihatinkan. (REUTERS/MOHAMED ABD EL GHANY)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Tim Pengawas (Timwas) Haji RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengkritik keras kondisi tenda jemaah haji Indonesia di Mina nan sempit dan tak sesuai kapasitas.

"Mengintip jamaah tidur berhimpitan kayak sarden dan di lorong sempit antartenda," kata Cak Imin dalam sosial media X pribadinya @cakimiNOW.

Cak Imin turut membagikan foto-foto dirinya ketika berjamu ke tenda-tenda jemaah haji Indonesia tersebut. Ia terlihat memantau kondisi hingga melayani swafoto para calon jemaah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada cuitan lain, Cak Imin juga memperlihatkan banyak jemaah haji nan rehat hingga tidur di luar tenda lantaran kapabilitas di dalam tenda tak tercukupi.

"Lapor Pak, rehat dan tidur banyak nan di lorong saja. #evaluasihaji," cuit dia.

Kondisi tenda para jemaah haji Indonesia di Mina belakangan ini menjadi sorotan usai dinilai kapasitasnya tak mencukupi menampung jemaah.

Kritik juga datang dari Anggota Timwas Haji DPR nan juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily nan menemukan banyak jemaah haji asal Indonesia nan terpaksa tidur di luar tenda.

Ace sempat mengunjungi tenda jemaah Kloter JKS 10 Kabupaten Bandung Barat di Maktab 76 Mina, Arab Saudi. Sejumlah jemaah mengeluhkan beragam hal, termasuk tenda nan penuh sesak.

Tenda nan penuh sesak itu pada akhirnya membikin para jemaah terpaksa tidur di luar. Ace sempat bertanya argumen jemaah memilih tidur di luar. Salah satu jawaban para jemaah adalah tempat tidur nan tak nyaman di dalam tenda.

"Tempat tidurnya nge-press, jadi pada tidur di luar," jawab seorang jemaah.

Sentil Kemenag

Sebelumnya, Cak Imin menyampaikan pemerintah dalam perihal ini Kementerian Agama (Kemenag) semestinya memperhitungkan rasio kebutuhan toilet dengan jumlah jemaah. Jumlah jemaah Indonesia sendiri mencapai 241 ribu orang.

"Jumlah rasionya (toilet) kudu dihitung, ini semua biaya, mereka semua mengeluarkan biaya, negara mengeluarkan biaya," katanya.

[Gambas:Twitter]

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional