Calon Gubernur Jakarta Akan Debat Perdana Malam Ini, Bahas Transformasi Jakarta Kota Global

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur bakal melakoni debat perdana pada Ahad, 6 Oktober 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, pukul 19.00 WIB. Calon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono, nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno bakal berdebat tentang Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global. 

“Untuk debat pertama temanya ‘Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global’,” kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah saat dihubungi di Jakarta pada Rabu, 2 Oktober 2023 seperti dikutip dari Antara.

KPU bakal menggelar debat sebanyak tiga kali bekerja sama dengan televisi penyelenggara. Para pasangan calon baik dari pihak gubernur maupun wakil gubernur bakal datang bersama.

Durasi debat dijadwalkan berjalan sekitar 150 menit dengan masing-masing penyelenggaraan selama 120 menit dan 30 menit untuk jarak iklan.

Fahmi mengatakan panelis debat berjumlah tujuh orang, nan mewakili bagian masing-masing. “Ada tujuh panelis. Mewakili bagian masing-masing antara lain mahir hukum, komunikasi, master politik, otonomi daerah, kebudayaan, dan lainnya,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta, Astri Megatari, mengatakan debat dibagi menjadi enam segmen. “Jadi segmentasinya memang sama dengan debat Pilpres,” kata Astri di Kantor KPU Jakarta, Ahad, 22 September 2024.

Untuk mekanismenya, kata dia, debat di Pilgub Jakarta berbeda dengan penyelenggaraan debat pemilihan presiden. Astri mengatakan baik dari calon gubernur dan wakil gubernur bakal datang berbareng dalam debat.

“Kalau untuk pilkada, debatnya ini langsung, jadi dua-duanya bakal langsung dihadirkan pada saat tiga kali debat itu,” ujar Astri.

Iklan

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta, Astri Megatari, mengatakan adu pendapat ini bakal terbagi ke dalam enam segmen. "Debat dibagi menjadi enam segmen, kira-kira seperti itu. Jadi memang segmentasinya memang sama dengan debat Pilpres," kata Astri pada Sabtu, 5 Oktober 2024

Untuk segmen pertama, kata Astri, KPU bakal melakukan pembukaan dan pembacaan tata tertib penyelenggaraan debat. Pada kesempatan nan sama, setiap paslon bakal diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi, misi, dan program.

Kemudian, di segmen kedua dan ketiga, para paslon bakal memberikan pendalaman visi, misi, dan program, dengan dipandu oleh moderator. Selanjutnya, segmen keempat dan kelima, para paslon bakal diberikan kesempatan untuk menjawab dan saling lempar pertanyaan nan dilayangkan oleh musuh debatnya.

Seluruh rangkaian debat bakal ditutup di segmen keenam. Pada segmen ini, para paslon diberikan kesempatan untuk menyampaikan pernyataan penutup mereka.

Setelah resmi ditetapkan sebagai cagub dan cawagub Jakarta dan mendapatkan nomor urut, paslon Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana telah memasuki masa kampanye nan dimulai sejak 25 September hingga 23 November 2024 alias empat hari sebelum pemungutan suara.

Alfitria Nefi berkontribusi dalam penulisan tulisan ini. 

Pilihan Editor: Maskapai BBN Airlines Indonesia Segera Buka Rute Jakarta-Pontianak

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis