Calon PDIP di Solo Sindir Aksi Gibran Ikut Blusukan Respati-Astrid

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Solo, CNN Indonesia --

Bakal calon Wali Kota Solo petahana dari PDIP, Teguh Prakosa menyindir Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka yang ikut blusukan hingga bagi-bagi sembako berbareng bakal paslon Respati Ardi - Astrid Widayani, Selasa (10/9) kemarin.

Respati-Astrid--yang merupakan bakal Paslon dari KIM Plus--itu juga ditemani blusukan oleh KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

"Yang maju jadi Wali Kota itu Mas Gibran, alias Gusti Bhre, alias siapa?" sindir Teguh saat berbincang dengan awak media di sebuah kafe di Solo, Rabu (11/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya cemas kelak masyarakat arep nyoblos (mau nyoblos) Gusti Bhre gambare ra ono (tidak ada gambarnya)," lanjut laki-laki nan menggantikan Gibran sebagai Wali Kota Solo itu.

Bakal calon petahana itu mengaku tak gentar dengan Gibran dan Bhre di kubu Respati-Astrd. Teguh menduga Gibran dan Bhre sengaja dilibatkan untuk mendongkrak ketenaran kompetitornya itu.

"Mungkin mereka cemas tidak ada modal. Modalnya ya Mas Gibran sama Gusti Bhre saja. Kalau mau fight ya tidak usah (melibatkan) orang nan sudah berposisi," kata dia.

Lebih lanjut, Teguh juga mengkritik Gibran nan terlibat langsung dalam Pilkada Solo 2024. Menurutnya, Gibran sebagai wapres terpilih, seharusnya lebih berkonsentrasi memikirkan proses transisi pemerintahan selanjutnya.

"Tugasnya Mas Gibran itu bukan hanya Solo saja," kata dia.

Teguh juga menyoroti Bhre nan ikut blusukan berbareng Respati-Astrid. Ia menganggap Bhre mempertaruhkan reputasi Mangkunegaran sebagai salah satu pemangku budaya dan budaya di Solo.

"Ini semua pertaruhan. Sebagai tokoh pemangku budaya, pemangku adat, dia berdiri pada posisi ngayomi siapa? Seharusnya tidak pada hanya satu golongan, tidak hanya satu golongan tapi kepada seluruh masyarakat nan ada di Surakarta," kata Teguh.

Sebelumnya, DPC PDIP Solo mengadukan ke Bawaslu soal tindakan Gibran nan ikut agenda Respati-Astrid blusukan sembari bagi-bagi sembako ke warga. Wakil Ketua DPC PDIP Bidang Hukum, Advokasi, dan Perundang-undangan, Suharsono, mengatakan tindakan putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu sudah diinformasikan ke Bawaslu Solo pada Selasa (10/9).

"Saya dapat laporan dari beberapa kader berupa video dan foto. Kemudian data-data alias kebenaran itu saya teruskan kepada Ketua Bawaslu (Solo). Harapan saya laporan saya ditindaklanjuti Bawaslu. Iya, laporan via WA (Whatsapp), saya tidak melapor secara tertulis maupun normatif," kata Suharsono, Rabu (11/9).

"Sembako itu ada minyak goreng, susu, buku, ya pola-pola lama lah," sambungnya.

Terpisah Ketua Bawaslu Kota Solo, Budi Wahyono mengonfirmasi bahwa dari pihak DPC PDIP Solo ada nan memberikan info awal alias mengadu soal bagi-bagi sembako tersebut. Namun, katanya, belum ada paslon nan ditetapkan oleh KPU Solo, sehingga mereka menilai aktivitas Respati-Astrid bagian dari sosialisasi.

Sejauh ini, katanya, Bawaslu Solo hanya bisa mengeluarkan imbauan, bukan tindakan.

"Karena belum ada peserta Pemilu nan ditetapkan oleh KPU, itu bagian dari sosialisasi. Tentu kami mengimbau sosialisasi dalam konteks nan tidak melakukan upaya-upaya, misalnya pembagian sembako dan uang. Tapi jika sekadar memasang perangkat peraga sosialisasi, itu bagian dari mereka rebut ruang untuk sosialisasi," jelas Budi di Hotel Sahid Jaya, Kelurahan Ketelan, Kecamatan Banjarsari.

Terkait info awal dari DPC PDIP Solo, pihaknya tetap bakal menindaklanjuti perihal tersebut.

Pasangan Respati-Astrid didaftarkan ke KPU pada tanggal 28 Agustus 2024 setelah mendapat support dari enam partai parlementer ialah Partai PKS, Gerindra, PSI, Golkar, PAN, PKB dan sejumlah partai di luar parlemen nan menamakan diri KIM Plus.

Sementara pasangan Teguh Prakosa - Bambang Nugroho alias tenar dengan panggilan Bambang Gage didaftarkan sehari setelahnya, 29 Agustus 2024 setelah mendapat support dari PDIP.

Sejak mendaftar ke KPU, pasangan Respati-Astrid giat blusukan ke perkampungan padat masyarakat di Solo. Pada Selasa (10/9) kemarin, Respati-Astrid blusukan di tiga titik ialah Kelurahan Sondakan, Kelurahan Jajar, dan Kelurahan Gilingan.

Gibran sendiri menemani Respati-Astrid di semua titik tersebut. Ia berbareng Respati-Astrid membagikan susu dan sup matahari. Sementara Bhre terpantau mendampingi Respati-Astrid di Jajar dan Gilingan.

(syd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional