Cara Kaesang dan Gibran Menjawab Olok-olok: Rompi Putra Mulyono, Kaus Kecebong dan Jersey Samsul

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Nama Mulyono menjadi sangat ngetop akhir-akhir ini. Nama unik Jawa, nan berfaedah mulia, ini adalah nama lahir Presiden Joko Widodo namalain Jokowi.

Jokowi pernah mengungkapkan bahwa nama Mulyono diberikan kedua orang tuanya, namun lantaran sakit-sakitan akhirnya diganti Joko Widodo.

Sebutan Mulyono untuk Jokowi tampak bertendensi untuk mengolok-olok. Namun anak bungsu Presiden, Kaesang Pangarep, menjawab dengan mengenakan rompi nan bagian belakangnya bertulis "Putra Mulyono" dengan gambar silhuet Jokowi.

Rompi warna hitam itu dipakai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu ketika blusukan ke Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, pada Selasa, 24 September 2024. Kaesang blusukan didampingi oleh Wakil Ketua Umum PSI Andy Budiman, Ketua PSI Kokok Dirgantoro dan Sigit Widodo, Ketua PSI Banten Hafiz Ardianto, serta beberapa kader lain.

Pada blusukan tersebut, calon Wakil Bupati Tangerang, Lerru Yustira turut datang menemani Kaesang, seperti dikutip dari IG psi_id

Di bagian depan rompi di sisi kiri juga tampak gambar dan tulisan tersebut, tetapi berukuran lebih kecil.

Ini bukan nan pertama Kaesang menjawab olok-olok dengan candaan. Pada awal pemerintahan Jokowi setelah Pilpres 2014, pendukungnya dijuluki sebagai cebong lantaran Sang Presiden mempunyai kegemaran memelihara katak.

Olok-olok itu dimanfaatkan Kaesang dengan membikin kaus bergambar kecebong. Bahkan dia kemudian meluncurkan merek kaus Sang Javas dengan gambar-gambar bertema kecebong namalain anak kodok.

Iklan

Gibran mengenakan jersey berjulukan punggung Samsul. Dok. TKN

Gaya memanfaatkan cibiran untuk meningkatkan ketenaran juga digunakan anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, nan terpilih sebagai wakil presiden 2024-2029.

Sebelumnya, dia mendapat sorotan gara-gara salah menyebut masam folat menjadi asal sulfat dalam Diskusi Ekonomi Kreatif Bersama Mas Gibran pada 3 Desember 2023. Pernyataan kakak Kaesang ini menjadi perbincangan di media sosial lantaran masam sulfat merupakan bahan untuk produk utama industri kimia. Padahal saat itu dia bicara tentang unsur nan krusial untuk ibu hamil.

Maka munculah panggilan untuk Gibran sebagai "Samsul" kependekan dari masam sulfat.

Namun dalam akun pribadinya di X, Gibran pada 30 Desember 2023, membagikan meme bertuliskan, “Panggil saya Samsul paman”. Ia juga muncul dengan kaus tim sepak bola dengan nomor punggung 2 dan ada kata "Samsul" di atasnya.

RACHEL FARAHDIBA R | INTAN SETIAWANTY | YOLANDA AGNE

Pilihan Editor Ini Alasan Investor Asal Cina Menanam Modal Rp500 M di IKN

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis