CASN 2024 Jalur Kedinasan Dibuka, Cek Cara Daftarnya

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Badan Kepegawaian Negara alias BKN, Haryomo Dwi Putranto mengumumkan, tahapan seleksi calon aparatur sipil negara alias CASN jalur sekolah kedinasan dimulai Selasa 14 Mei 2024. Namun, peserta baru bisa mendaftar pada Rabu, 15 Mei 2024. 

“Peserta dapat mulai mendaftar tanggal 15 Mei 2024 melalui portal sistem seleksi alias SSCASN nan dimiliki oleh BKN,” ucap Haryomo dalam Konferensi Pers Persiapan Pembukaan Seleksi ASN untuk Sekolah Kedinasan Tahun Ajaran 2024 lewat YouTube pada Senin, 13 Mei 2024.

Haryomo mengatakan pelamar dapat mempersiapkan arsip persyaratan sesuai dengan izin nan berlaku, seperti pas foto, KTP, Kartu Keluarga, dan ijazah. Sementara, info soal syarat-syarat pendaftaran lainnya dapat dilihat di tiap situs intansi sekolah kedinasan alias langsung melalui SSCASN.

Pendaftaran itu bakal ditutup pada 13 Juni 2024. Berikut alur pendaftarannya:

  1. Kunjungi laman https://dikdin.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCASN sekolah kedinasan dengan NIK nan tervalidasi oleh Dukcapil, kemudian cetak info akun
  3. Login ke SSCASN sekolah kedinasan menggunakan NIK dan password
  4. Unggah swafoto dan pilih sekolah kedinasan, lengkapi nilai, unggah berkas dan lengkapi biodata
  5. Lakukan pembayaran seleksi dengan mendapatkan kode billing, info pembayaran ada di masing-masing sekolah kedinasan.
  6. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran
  7. Lakukan verifikasi instansi, data, dan berkas pelamar
  8. Cek status kelulusan administrasi
  9. Cetak kartu ujian

Haryomo mengimbau agar pelamar mempertimbangkan pilihannya secara matang. Sebab, pelamar baik dari mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan pada kementerian/lembaga hanya bisa mendaftar di satu sekolah kedinasan. Jika ketahuan mendaftar lebih dari satu, pelamar otomatis gugur.

Iklan

Selanjutnya, pelamar bakal melakukan seleksi kompetensi dasar alias SKD nan berjalan di 36 letak BKN maupun lembaga mandiri. SKD digelar pada 18 Juli-6 Agustus 2024. Sementara, info kelulusan akhir oleh Kementerian/Lembaga diumumkan pada 28-30 September 2024.

Namun, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen menjelaskan agenda itu tetap sementara lantaran berjuntai pada jumlah peserta nan mendaftar. “Jadi ini adalah ancar-ancar awal mengenai seleksi kompetensi dasar nan bakal kami laksanakan,” ujarnya.

Adapun sekolah kedinasan nan mendapat susunan pada seleksi CASN tahun ini adalah 8 kementerian/lembaga nan terbagi menjadi 30 sekolah. Sekolah kedinasan itu yakni, Politeknik Keuangan Negara STAN, Institut Pemerintah Dalam Negeri alias IPDN, Sekolah Tinggi Intelijen Negara alias STIN, Politeknik Siber dan Sandi Negara, Politeknik Statistika STIS, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim), 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

Pilihan Editor: Kemenag Uji Publik Data Tenaga Non-ASN untuk Seleksi CASN, Ini Tautannya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis