Cek 3 Saham Rekomendasi Indo Premier untuk Pekan Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Community Lead Indo Premier Sekuritas (IPOT), Angga Septianus, mengimbau para trader untuk memperhatikan sejumlah sentimen nan bakal berpengaruh terhadap pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pekan ini. Untuk rentang tanggal 5 hingga 9 Agustus 2024, info pertumbuhan produk domestik bruto alias gross domestic product (GDP) bakal menjadi sorotan. 

"Jika info GDP di bawah ekspektasi, ada kemungkinan BI juga bakal menurunkan suku bunga lebih sigap dari ekspektasi pasar, dengan catatan jika kurs Rupiah sudah mulai stabil," katanya dalam keterangan resmi pada Senin, 5 Agustus 2024.

Kemudian, Angga memproyeksikan info consumer confidence dan retail sales juga bakal memengaruhi sektor retail consumer. Begitu pula dengan penjualan mobil dan sepeda motor bakal memengaruhi nilai saham sektor transportasi. 

Dia menyebut, sektor retail merupakan sektor nan defensif. Jika ada tanda-tanda pelemahan ekonomi, maka ada potensi inflow pada sektor tersebut. "Data car and motorbike sales juga dapat mendukung kenaikan IDX TRANSPORT nan secara laporan finansial ada perbaikan nan cukup signifikan di Q2," tuturnya.

Sementara itu, kata dia info Cina nan positif bakal memengaruhi index Asia secara keseluruhan, terutama sektor daya pada IHSG. Jika ekonomi Cina terlihat sudah membaik, maka permintaan daya juga bakal naik. "Sehingga dapat mendongkrak nilai komoditas seperti batu bara dan minyak."

Di sisi lain, info ekonomi AS mendatang juga bakal mengenai dengan pergerakan nilai komoditas, utamanya minyak. Jika American Petroleum Institute (API) dan US Energy Information Administration (EIA) Crude Oil Stocks Change lebih rendah dari ekspektasi, maka kata Angga nilai minyak berpotensi kembali menguat. Terakhir, ada sentimen Purchasing Managers' Index (PMI) Service nan bakal menunjukkan perkembangan industri jasa AS.

Berikutnya baca: 3 saham rekomendasi
  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis