Cekcok 2 Ormas di Tangsel Rebutan Lahan Pungli Tanpa Proses Hukum

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 23 Jul 2024 12:44 WIB

Keributan dua ormas lantaran rebutan lahan pungli di Pondok Aren, Tangerang Selatan, berhujung dengan mediasi polisi. Ilustrasi keributan. (Foto: Yusran Uccang)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dua organisasi kemasyarakatan (ormas) terlibat cekcok di wilayah Pondok Aren, Tangerang Selatan pada Senin (22/7) malam. Diduga, keributan ini dipicu perebutan lahan pungutan liar (pungli).

Peristiwa tersebut terekam dalam sebuah video dan beredar di media sosial. Dalam video nan beredar, dua golongan ormas terlihat berbeda mengerti di depan sebuah tempat makan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Permasalahan pungli di warkop sama di warung sambel setan wilayah Gopli," kata Kapolsek Pondok Aren Kompol Bambang Askar Sodiq saat dihubungi, Selasa (23/7).

Bambang menerangkan peristiwa itu bermulai saat dua orang dari masing-masing ormas cekcok mengenai pungli di salah satu parkiran minimarket. Buntut cekcok tersebut, personil dari masing-masing ormas lantas menuju ke lokasi.

"Pukul 22.00 WIB ormas kurang lebih 100 orang dibubarkan oleh piket kegunaan Polsek Pondok Aren nan berkumpul di minimarket Gopli, Pondok Aren," ucap Bambang.

Bambang menyatakan perselisihan antara kedua ormas itu akhirnya bisa diredam. Kepolisian, lanjut dia, juga langsung melakukan upaya mediasi terhadap kedua belah pihak.

"Semua kita lakukan upaya pencegahan dengan memediasi ke arah perdamaian," ujarnya.

Lebih lanjut, Bambang menyebut pihaknya bakal melakukan proses norma jika kedua ormas itu kembali kedapatan melakukan tindakan pungli di lokasi.

"Pasti kita tindak. Semua kita lakukan secara bertahap. Tadi malam sudah saya kunci dengan membikin surat pernyataan damai, jika mengulangi lagi pasti bakal ada akibat wanprestasi dan segera kami lakukan upaya penindakan," tuturnya.

Selain itu, Bambang juga turut mengimbau masyarakat melapor jika mendapati tetap ada tindakan pungli dari ormas di letak tersebut.

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional