Cuma Punya Satu Kursi, PPP-Perindo Gabung Fraksi Lain di DPRD DKI

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 11 Sep 2024 16:27 WIB

PPP dan Perindo bakal berasosiasi dengan partai lain untuk membentuk fraksi. Sebab, mereka hanya punya satu bangku di DPRD DKI Jakarta. Ilustrasi. PPP dan Perindo bakal berasosiasi dengan partai lain untuk membentuk fraksi. Sebab, mereka hanya punya satu bangku di DPRD DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dua partai nan hanya mempunyai masing-masing satu bangku di DPRD DKI Jakarta yakni PPP dan Perindo bakal berasosiasi dengan partai lain untuk membentuk fraksi.

Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Achmad Yani mengatakan rencananya PPP bakal berasosiasi ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Perindo bakal berasosiasi dengan Partai Demokrat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi memang partai nan kursinya sedikit, mereka tidak bisa membentuk fraksi sendiri. Mereka kudu mengikut fraksi nan ada. Perindo satu kursi, enggak bisa. Maka dia ikut kepada Demokrat. Begitu juga PPP hanya satu kursi, ya kemudian ada Fraksi PKB. Mungkin kelak ikut ke PKB," kata Yani di DPRD DKI Jakarta, Rabu (11/9).

Yani menjelaskan penetapan campuran fraksi-fraksi partai itu bakal diputuskan pada 17 September 2024. Pada hari itu juga bakal ditetapkan lima ketua DPRD DKI Jakarta nan terdiri satu ketua dan empat wakil ketua.

"Untuk ketua dan wakil ketua, sekarang kita juga sudah menyampaikan surat ke masing-masing partai untuk mengusulkan calon-calon pimpinan. Setelah nama-nama itu masuk, kelak kita segera bakal memprosesnya. Kita bakal rapat paripurna, hasil rapat paripurna kita umumkan, kelak kita bakal sampaikan ke Kementerian Negeri," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 106 personil DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 telah melaksanakan sumpah janji kedudukan pada Agustus lalu.

Berdasarkan hasil Pemilu Legislatif 2024, PKS memperoleh 18 kursi. Sedangkan PDI Perjuangan memperoleh 15 kursi.

Kemudian berturut-turut Gerindra 14 kursi, NasDem 10 kursi, Golkar 10 kursi, PKB 10 kursi, PAN 10 kursi, Demokrat 9 kursi, PSI 8 kursi, PPP 1 kursi, dan Perindo 1 kursi.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional