Daftar 15 Partai Pengusung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Duet petahana, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak resmi mendaftar sebagai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di KPU Jatim, Rabu (28/8).

Mereka diusung koalisi besar nan terdiri atas 15 partai untuk melenggang di Pilgub Jatim pada Pilkada serentak 2024 itu.

Rincian 15 partai itu adalah PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Deretan partai pengusung ini disebut satu persatu oleh Khofifah saat memberikan sambutan. Dia juga berterima kasih atas support para parpol.

"Kami dan Mas Emil Dardak kembali mendaftar ke KPU Jatim sebagai Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provonsi Jatim periode 2025-2030," kata Khofifah pada Rabu lalu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi beberapa ketua parpol nan datang di antaranya Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig, Sekretaris DPD Gerindra Jatim Kharisma Febriansyah, Ketua DPW PPP Jatim Munjidah Wahab, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Reno Zulkarnen, Ketua Exco Partai Buruh Jatim Jazuli, dan lainnya.

Sementara itu Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi, mengatakan di hari kedua penyelenggaraan pendaftaran pihaknya sudah menerima pendaftaran parpol pengusul pasangan calon Khofifah-Emil.

"Dan kami sudah menyesuaikan situasi terkini pascaputusan MK," kata Aang.

Usai diverifikasi, berkas pendaftaran Khofifah-Emil pun, kata Aang dinyatakan komplit dan diterima KPU Jatim.

"Dan pasca ini juga kami bakal memberikan surat pengantar untuk pasangan calon melakukan pemeriksaan kesehatan nan dijadwalkan besok pagi. Itu lantaran tahapannya cukup padat dan kami juga menyesuaikan," ujarnya.

Luluk-Lukmanul dan Risma-Gus Hans

Sementara itu, PKB disebut bakal mengusung dua kadernya, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim sebagai Cagub-Cawagub Jawa Timur di Pilkada 2024.

Luluk-Lukmanul itu pun rencananya bakal mendaftar sebagai kandidat ke KPU Jatim pada Kamis (29/8) besok hari.

Sedangkan PDIP dikabarkan bakal mengusung Menteri Sosial sekaligus Mantan Wali Kota Surabaya dua periode Tri Rismaharini (Risma) di Pilgub Jatim. Setelah sampet santer diisukan dia bakal berpasangan dengan Mantan Wali Kota Malang Sutiaji, Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah menyatakan Risma bakal disandingkan dengan Zahrul Azhar Asad alias Gus Hans.

Bagi Said, Risma dan Gus Hans mempunyai perbedaan nan saling melengkapi, dengan corak kultural unik Jatim.

"Risma representasi nasionalis, sedangkan Gus Han mewakili santri. Bu Risma mewakili kaum perempuan, dan Gus Han mewakili anak muda. Bu Risma representasi dari figur berilmu panjang dalam karir kedudukan publik, dan Gus Han mewakili intelektualitas. Jadi mereka berdua pasangan nan saling melengkapi," ujar dia nan juga Ketua DPP PDIP itu.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional