Daftar Calon PDIP di Pilkada 2024: Andika Perkasa hingga Pramono Anung

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

PDIP mengusung sejumlah kader, seperti Pramono Anung Wibowo dan eks Panglima TNI Andika Perkasa, untuk kontestasi Pilkada Serentak 2024. Mereka berseberangan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di beragam daerah.

Partai berlambang kepala banteng itu sempat nyaris tak bisa mencalonkan kandidat di banyak daerah, seperti di DKI Jakarta, lantaran terbentur patokan periode pemisah pencalonan.

Namun, Mahkamah Konstitusi (MK) melonggarkan periode pemisah pencalonan untuk partai dan partai politik. PDIP bahkan memilih tampil sendiri di sejumlah daerah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut daftar calon kepala wilayah nan diusung PDIP pada Pilkada Serentak 2024.

Pramono Anung

PDIP terseret dalam drama Pilgub DKI Jakarta 2024. Awalnya, mereka nyaris gagap mencalonkan sosok mana pun lantaran KIM memborong support 12 partai untuk Ridwan Kamil dan Suswono.

Arah angin berubah usai MK mengeluarkan putusan nomor 60 nomor 60/PUU-XXII/2024. PDIP bisa mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur tanpa koalisi lantaran periode pemisah turun menjadi 7,5 persen.

PDIP sempat dikabarkan bakal mengusung Anies Baswedan, calon petahana dengan elektabilitas tertinggi di beragam survei. Namun, Anies batal diumumkan PDIP pada Senin (26/8).

PDIP justru mengumumkan pasangan calon Pramono Anung dan Rano Karno untuk Pilgub DKI Jakarta 2024. Pasangan itu mendaftarkan diri ke KPUD DKI Jakarta pada Rabu (28/8) ini.

Airin Rachmi Diany

PDIP menjadi partai pertama nan resmi mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi di Pilgub Banten. Airin-Ade sempat nyaris kandas nyalon lantaran Golkar memilih mendukung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.

Setelah PDIP mengumumkan support untuk Airin, Golkar berubah sikap. Mereka mengalihkan support ke kadernya tersebut.

"Airin adalah anak kandung Golkar. Sebagai ibu, rasanya tidak pas jika kemudian tidak diantarkan untuk kompetisi," kata Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia di Jakarta, Selasa (28/8).

Airin-Ade bakal menghadapi Andra-Dimyati nan diusung KIM Plus. Andra dan Dimyati mendapat support dari Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PSI, dan PPP.

Andika Perkasa

PDIP mencalonkan dua kader sekaligus di Jawa Tengah. Mereka adalah Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi.

Jateng dikenal sebagai pedoman massa PDIP dengan julukan "Kandang Banteng". PDIP punya 33 dari 120 bangku di DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Andika-Hendi bakal berhadapan dengan calon dari KIM Plus Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen. Luthfi-Yasin bakal didukung Demokrat, Gerindra, PAN, Golkar, PSI, PBB, Partai Buruh, Partai Garuda, PKN, dan Prima.

Edy Rahmayadi

PDIP mendukung pasangan calon petahana Edy Rahmayadi dan Hasan Basri di Pilgub Sumatera Utara. Mereka berkoalisi dengan Partai Hanura dan Partai Ummat.

Edy-Hasan bakal menghadapi koalisi gendut KIM Plus. Koalisi itu mengusung menantu Presiden Jokowi Bobby Nasution dan Surya.

Bobby-Surya mengantongi support dari Gerindra, PKB, PAN, Golkar, PKS, NasDem, Demokrat, dan PPP.

Bobby-Surya mendaftarkan diri ke KPUD pada Rabu (28/8) ini. Adapun Edy-Hasan bakal daftar Kamis (29/8).

(dhf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional