Daftar Nama 3 Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Terlempar

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

DPRD DKI Jakarta mengusulkan tiga nama sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal ini bertalian dengan berakhirnya masa kedudukan Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur pada 17 Oktober 2024.

Dalam Rapat Pimpinan Sementara DPRD DKI Jakarta, Jumat (13/9), perwakilan partai politik di DPRD menyebut nama-nama nan diusulkan masing-masing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan urutan nama nan paling banyak diusulkan,Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi meraih 8 suara, Plt. Sekretaris Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir 7 suara, dan Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik 7 suara.

Kemudian Sekda DKI Joko Agus 2 suara, Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta Marullah Matali 1 suara, Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono 1 suara, dan Pj Gubernur Papua Selatan Rudy Sufahriadi 1 suara.

Satu bunyi nan didapatkan Heru Budi merupakan usulan dari PDIP Perjuangan (PDIP). Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Achmad Yani mengatakan Teguh, Tomsi, dan Akmal bakal diusulkan ke Mendagri.

"Berdasar hasil tersebut maka tiga nama bakal diajukan Ke Mendagri untuk jadi bahan pertimbangan dalam menetapkan Pj Gubernur Jakarta," kata Yani.

Sementara itu, Wakil Ketua Sementara DPRD Jhonny Simanjuntak menyebut Heru tetap bisa menjadi Pj Gubernur Jakarta kendati tak diusulkan ke Kemendagri.

Menurutnya, keputusan siapa nan bakal menjadi Pj Gubernur ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kemungkinan itu bisa saja. Kalau misalnya kelak Kemendagri alias Presiden mengharapkan perlu adanya tindak lanjut dan tidak ada proses belajar lagi," kata Jhonny.

Heru Budi sudah buka bunyi setelah namanya tidak diusulkan oleh DPRD ke Kemendagri. "Alhamdulillah, terima kasih untuk semuanya," kata Heru saat dihubungi, Jumat.

Adapun Heru dilantik sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta pada 17 Oktober 2022. Ia mengisi kekosongan bangku gubernur nan ditinggalkan Anies Baswedan.

Pilkada Serentak 2024 digelar pada 27 November 2024. Pelantikan kepala wilayah terpilih rencananya digelar pada Februari 2025.

Di DKI Jakarta, pasangan calon gubernur-wakil gubernur nan mengikuti pilkada ialah Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardhana.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional