Daftar Nama dan Jabatan 5 Nahdliyin yang Menghadap Presiden Israel

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 16 Jul 2024 19:34 WIB

Lima orang penduduk NU alias nahdliyin berjumpa Presiden Israel Isaac Herzog. Mereka berasal dari latar belakang nan berbeda. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya. (CNN Indonesia/Farid)

Jakarta, CNN Indonesia --

Lima orang golongan muda Nahdlatul Ulama (NU) alias nahdliyin bertemu Presiden Israel Isaac Herzog belum lama ini. Pertemuan itu memicu sorotan hingga Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf namalain Gus Yahya buka suara.

Kelima nahdliyin itu adalah Zainul Maarif, Munawir Aziz, Nurul Bahrul Ulum, Syukron Makmun dan Izza Annafisah Dania.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gus Yahya mengatakan kelima orang itu mempunyai latar belakang nan berbeda, di antaranya pengajar hingga pengurus lembaga di bawah PBNU.

"Ada lima orang. Ada satu pengajar Unusia(Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia). Ada satu Pagar Nusa. Ada dua orang dari Fatayat. Ada satu dari PWNU DKI," kata Gus Yahya dalam konvensi pers di Gedung PBNU, Jakarta, Selasa (16/7).

Gus Yahya menyebut lima nahdliyin itu didekati satu per satu untuk diajak berangkat ke Israel. Menurutnya, agenda mereka sekadar pertemuan dan perbincangan dengan beragam pihak.

"Katanya tanpa agenda pertemuan dengan Presiden Israel sebelumnya. Dan itu mendadak dilakukan di sana. Saya rasa ini tak ketahuan teman-teman semuanya. Mungkin lantaran belum cukup umur alias gimana. Ini akibat tak sensitifnya pihak-pihak," ujarnya.

Berikut daftar nama dan latar belakang lima Nahdliyin nan menghadap presiden Israel:

1. Zainul Maarif

Zainul Maarif adalah pengajar tetap di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia). Dia mengajar makulat dan program studi Sejarah Peradaban Islam. Dia juga menjabat sebagai Lektor di universitas tersebut.

Zainul menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar. Kemudian melanjutkan pendidikan S-2 Ilmu Filsafat di Universitas Indonesia dan meraih gelar Magister Humaniora pada 2006. Lalu, dia mengambil pendidikan S-3 di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara dan mendapat gelar Doktor pada 2022.

2. Munawar Aziz

Munawar Aziz adalah Sekretaris Umum (Sekum) PP Pagar Nusa, ikatan pencak silat NU. Selain itu, dia juga diketahui Sekretaris Pengurus Cabang Internasional (PCI) Nahdlatul Ulama United Kingdom. Dia juga aktif menulis kolom.

3. Izza Annafisah

Izza Annafisah aktif di PP Fatayat NU, organisasi pemudi alias wanita otonom di bawah PBNU.

4. Nurul Bahrul Ulum

Nurul Bahrul Ulum juga aktif di PP Fatayat NU. Dia adalah istri Marzuki Wahid, pengajar di IAIN Syekh Nurjati Cirebon sekaligus Rektor Institut Studi Islam Fahmina (ISIF). Nurul juga aktif menulis. Terutama soal kelamin dan keberagaman agama.

5. Syukron Makmun

Syukron Makmun adalah Wakil Ketua PWNU Banten. Dia kerap bicara soal keagamaan di beragam platform online.

(yla/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional