Debat Pilgub Sumut Digelar Tiga Kali, Perdana pada 30 Oktober 2024

Sedang Trending 3 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 07 Okt 2024 23:40 WIB

Debat Pilgub Sumut bakal digelar tiga kali, dan nan pertama bakal dilaksanakan pada 30 Oktober mendatang dengan melibatkan 7 panelis. Dua cagub Sumut pada Pilkada 2024, Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi saat momen berbareng di Medan beberapa waktu lalu. CNN Indonesia/Farida)

Medan, CNN Indonesia --

Debat antarpaslon peserta Pilgub Sumatera Utara (Sumut) pada Pilkada serentak 2024 rencananya bakal digelar sebanyak tiga kali. Untuk debat perdana, bakal digelar pada akhir Oktober ini.

Debat tersebut bakal mempertemukan paslon nomor urut 1 Bobby Nasution - Surya dan pasangan calon nomor urut 2 Edy Rahmayadi - Hasan Basri Sagala untuk beradu argumentasi.

Komisioner KPU Sumut, Sitori Mendrofa mengatakan debat pertama bakal digelar pada 30 Oktober 2024, debat kedua digelar pada 6 November 2024 dan debat ketiga digelar pada 13 November 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita sudah rencanakan sesuai dengan hasil rapat pleno berbarengan dengan komisioner maka debat pertama itu digelar pada 30 Oktober 2024. Itu rencananya dulu semoga saja tidak ada perubahan. Setelah itu baru kita tentukan jam dan letak pelaksanaan," katanya kepada CNNIndonesia.com, Senin (7/10).

Sitori menambahkan untuk tema dari masing masing debat juga tetap dirumuskan. Sementara itu lama debat nantinya berjalan selama 150 menit.

"Tim perumus tetap bekerja untuk menentukan apa tema di debat pertama hingga debat ketiga. Durasi debat sesuai juknis total 150 menit. Tapi kelak ada pembagiannya ada untuk iklan dan sesi pertanyaan," sebutnya.

Dia mengatakan rencananya penyelenggaraan debat juga bakal disiarkan langsung di televisi sehingga masyarakat Sumut bisa menyaksikan aktivitas itu. Selain itu, debat bakal menghadirkan 7 orang panelis.

"Untuk letak juga belum ditentukan. Kami tetap mencari letak nan tepat agar Paslon nyaman. Jumlah panelis nya nantinya sebanyak tujuh orang," jelasnya.

Pilgub Sumut 2024 diikuti dua pasang calon (paslon) cagub-cawagub.

Pertama adalah calon gubernur nomor urut 01 Bobby Nasution nan merupakan mantu Presiden Jokowi berpasangan dengan wakilnya Surya diusung 10 partai politik antara lain Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, PAN, PKB, PSI, PPP, Nasdem, dan Perindo.

Lawannya adalah petahana ppasangan calon Gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2 Edy Rahmayadi - Hasan Basri Sagala yang diusung PDIP, Partai Gelora, Partai Hanura, Partai Ummat, Partai Buruh, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

(fnr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional