Demokrat Buka Peluang Beda Kubu dengan KIM di Pilkada Jakarta

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 02 Agu 2024 05:10 WIB

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengakui ada kans partainya berbeda pilihan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengenai sosok cagub Jakarta. Deputi Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani. (Foto: Arsip Pribadi)

Jakarta, CNN Indonesia --

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengakui terdapat kans partainya berbeda pilihan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengenai sosok cagub nan didukung di Pilkada Jakarta 2024.

Namun, Kamhar mengatakan Demokrat tetap berupaya agar partainya satu pandangan dengan KIM dalam memperebutkan bangku Jakarta 1.

"Untuk Pilgub Jakarta Partai Demokrat berkomitmen bisa selaras dengan KIM, sekalipun juga terbuka opsi lain," kata Kamhar kepada CNNIndonesia.com, Kamis (1/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di politik selalu terbuka ruang beragam kemungkinan. Kami berupaya untuk bisa selaras," sambungnya.

Kamhar menjelaskan KIM tetap menggodok sejumlah nama untuk diusung sebagai cagub di Pilkada Jakarta 2024.

Ia pun mengakui nama Eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Ketum PSI Kaesang Pangarep tetap masuk radar KIM untuk diusung sebagai cagub.

"Bahkan tidak tertutup kemungkinan jika ada nama baru lagi nan diputuskan di menit-menit terakhir. Secara empiris demikian, senantiasa ada komponen kejutan," jelas dia.

Di sisi lain, Kamhar menyebut Demokrat tak mempunyai kader nan mumpuni dan layak untuk disodorkan sebagai cagub di Pilkada Jakarta 2024.

Oleh lantaran itu, kata dia, Demokrat menunggu nama sosok nan ditetapkan KIM sebagai cagub nan diusung untuk memimpin Jakarta.

"Partai Demokrat pada posisi menunggu, siapa nan kelak bakal diputuskan KIM sebagai Cagub. Kapasitas kader kami untuk Pilgub Jakarta hanya memadai pada posisi Cawagub," ujar dia.

Sejumlah nama sebelumnya mencuat dan berpotensi diusung oleh KIM di Pilkada Jakarta 2024. Beberapa diantaranya adalah RK dan Kaesang.

Teranyar, Golkar memberikan surat petunjuk kepada Jusuf Hamka untuk maju sebagai cagub alias cawagub di Pilgub Jakarta 2024.

(mab/wiw)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional