Densus 88: Rencana Teror Teroris di Batu Tak Terkait Kedatangan Paus

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 02 Agu 2024 21:01 WIB

Densus 88 memastikan rencana teror nan hendak dilakukan HOK (19) di Batu tidak mengenai kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia. Ilustrasi. Densus 88 memastikan rencana teror nan hendak dilakukan HOK (19) di Batu tidak mengenai kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia. (Unsplash/Pixabay)

Jakarta, CNN Indonesia --

Densus 88 Antiteror Polri memastikan rencana teror nan hendak dilakukan tersangka teroris HOK (19) di Batu, Malang, Jawa Timur, tidak terkait agenda kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia.

Menurut agenda resmi, Paus Fransiskus bakal berjamu ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

"Tidak ada kaitannya dengan rencana kehadiran Paus Fransiskus," ujar Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar dalam keterangannya, Jumat (2/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aswin mengatakan saat ini tim Densus 88 tetap mendalami peran dan keterlibatan HOK di golongan Daulah Islamiyah ataupun jaringan ISIS.

Ia menyebut sudah ada empat orang nan telah dimintai keterangan oleh interogator mengenai rencana HOK melakukan teror pada dua rumah ibadah di Malang.

"Ada empat (orang diamankan), satu di Solo dan tiga di Malang. Bapak HOK (diamankan di Solo) dan (tiga lainnya di Malang) nan tahu aktivitas tersangka," kata Aswin.

"Sejauh ini hanya satu tersangka HOK," ucapnya.

Diberitakan, Densus 88 Antiteror Polri menangkap HOK (19), di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur, Rabu (31/7) malam sekitar pukul 19.15 WIB. HOK disebut sebagai simpatisan Daulah Islamiyah.

HOK nan merupakan pelajar hendak melakukan tindakan teror peledak bunuh diri dengan menggunakan bahan peledak jenis Triaceton Triperoxide (TATP). Asi teror peledak bunuh diri tersebut hendak dilakukan pada dua rumah ibadah di wilayah Malang.

(tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional