Deret Calon Resmi Daftar Pilkada: Pramono, Khofifah hingga Airin

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah politisi telah resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) untuk mengikuti Pilkada Serentak 2024. Nama-nama seperti Pramono Anung hingga Airin Rachmi Diany resmi mendaftarkan dirinya untuk maju di wilayah masing-masing.

KPU telah membuka masa pendaftaran sejak Selasa (27/9). Pendaftaran bakal dibuka hingga pukul 23.59 hari ini.

KPUD di setiap wilayah bakal mengecek persyaratan manajemen setiap calon sebelum penetapan. Jika sudah ditetapkan sebagai pasangan calon, para politisi bakal langsung menjalani kampanye. Pemungutan bunyi dilaksanakan 27 November.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut deretan calon nan sudah resmi mendaftarkan ke KPUD masing-masing:

DKI Jakarta

Dua pasangan calon sudah mendaftarkan diri ke KPUD DKI Jakarta. Pagi hari kemarin, Pramono Anung dan Rano Karno resmi mendaftar di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Pasangan nan diusung PDIP itu datang mengenakan busana budaya Betawi. Sejumlah politisi PDIP, seperti Basuki Tjahaja Purnama namalain Ahok, mendampingi pasangan ini.

Pada sore hari, Ridwan Kamil dan Suswono nan giliran mendaftar. Mereka juga datang mengenakan busana budaya Betawi. RK-Suswono didampingi politisi dari 12 partai politik.

Pasangan ini didukung oleh PKS, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai NasDem, PKB, PSI, Partai Demokrat, PAN, Partai Garuda, Partai Gelora, Perindo, dan PPP.

Banten

Di Pilgub Banten, baru ada satu pasangan calon nan mendaftar. Mereka adalah Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi.

Airin-Ade datang didampingi beberapa politisi PDIP dan Golkar. Sebagian di antaranya adalah Ketua DPD Golkar Banten Tatu Chasanah, Sekretaris DPD Golkar Bahrul Ulum, DPD PDIP Asep Rahmatullah, dan Tim Pilkada PDIP Muhlis.

Pasangan ini maju dengan support dari PDIP, Golkar, Partai Buruh, Gelora, Ummat, PBB, dan PKN.

Jawa Barat

Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan menjadi pasangan pertama nan mendaftar di Pilgub Jawa Barat. Mereka datang ke Kantor KPUD Jawa Barat pada Selasa (27/8).

Dedi dan Erwan diarak pendukungnya menggunakan tarian dan musik Sunda. Mereka menunggangi kuda saat datang ke instansi KPUD.

Pasangan ini diusung oleh Gerindra, Golkar, PAN, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, PKN, Partai Buruh, PRIMA, Perindo, PBB, dan Partai Ummat.

Jawa Tengah

Di Pilgub Jawa Tengah, dua jenderal telah mendaftarkan diri. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa berbareng Hendrar Prihadi datang ke KPUD Jawa Tengah pada Selasa (27/8).

Pasangan ini diusung oleh PDIP, partai pemilik bangku terbanyak di DPRD Jawa Tengah.

Di hari nan sama, Komjen Ahmad Luthfi berbareng Taj Yasin Maimoen juga mendaftarkan diri. Mereka didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka ke KPUD Jawa Tengah.

Pasangan ini disokong Gerindra, PAN, Golkar, Demokrat, PSI, PBB, Partai Buruh, Partai Garuda, PKN, serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).

Jawa Timur

Pasangan calon petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak resmi mendaftar Pilgub Jawa Timur kemarin. Mereka diusung oleh 15 partai.

Khofifah-Emil datang didampingi politisi dari PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda, serta Prima.

Sumatera Utara

Baru ada satu pasangan calon nan mendaftar di Pilgub Sumatera Utara. Pasangan itu adalah Bobby Nasution dan Surya.

Menantu Presiden Jokowi itu didampingi istrinya, Kahiyang Ayu, saat mendaftarkan diri. Mereka menunggangi sepeda motor saat ke Kantor KPUD Sumut.

Pasangan ini didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. Koalisi itu terdiri dari PSI, Perindo, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Nasdem, PAN, Partai Demokrat, dan PKS.``

(dhf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional