Dewan Masjid Indonesia Terbitkan Edaran Salat Gaib Buat Pemimpin Hamas

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 02 Agu 2024 08:00 WIB

Jusuf Kalla menyerukan kepada umat Islam agar melakukan salat gaib ketika salat Jumat kelak untuk para syuhada Palestina dan Ismail Haniyeh nan dibunuh Israel. Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla berjumpa selama dua jam dengan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Doha, Qatar, (12/7). (Foto: Antara)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat info nan menyerukan kepada para takmir masjid dan umat Islam di seluruh Indonesia agar melakukan salat gaib untuk pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh nan meninggal usai dibunuh Israel di Iran.

Hal ini tertuang dalam surat DMI bernomor 043.A/III/SE/PP-DMI/VIII/2024 nan ditandatangani oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla dan Sekjen DMI Rahmat Hidayat tertanggal 1 Agustus 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"PP DMI menyerukan, mengimbau, mengharapkan seluruh jejeran Pimpinan DMI Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting, serta DKM/takmir masjid serta umat Islam Indonesia untuk melakukan salat gaib berjamaah alias sendiri-sendiri. Salat gaib berjamaah untuk asy-syahid Ismail Haniyeh dan para syuhada Palestina nan dilaksanakan di dalam rangkaian penyelenggaraan ibadah salat Jumat," bunyi salah satu poin surat tersebut.

DMI juga meminta umat Islam mendoakan para pejuang kemerdekaan Palestina. DMI berambisi mereka senantiasa diberi keselamatan dan perlindungan Allah SWT serta memperoleh kemenangan.

"Mendoakan agar segera tercapai gencatan senjata permanen di Gaza, Palestina, sehingga tercipta kedamaian dan perdamaian. Demikian seruan dan imbauan ini disampaikan untuk dilaksanakan bersama-sama," bunyi salah satu poin surat tersebut.

Haniyeh berstatus sebagai kepala biro politik Hamas sejak 2017. Dia sempat menjadi Perdana Menteri Palestina pada 2006, menyusul kemenangan Hamas pada pemilu parlemen.

Haniyeh dinyatakan tewas dalam serangan di kediamannya di Teheran pada Rabu (31/7) pagi. Hamas menuduh Israel dalang di kembali serangan ini. Israel sendiri enggan berkomentar soal tuduhan ini.

Haniyeh berada di Teheran sejak Selasa (30/7) untuk menghadiri pelantikan presiden baru Iran Masoud Pezeshkian.

(rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional