Dharma-Kun Sorot PHK Menggila di Jakarta: Pekerja Terzalimi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur independen di Pilkada DKI Jakarta 2024, Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana menyoroti maraknya kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) sejumlah perusahaan di Jakarta.

"Sekarang jenis pekerjaan tetap sudah menurun secara drastis, banyak pekerjaan baru outsourcing maupun kemitraan," kata Kun selepas tes kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Minggu (1/9).

Merujuk info Kementerian Ketenagakerjaan, 32.064 tenaga kerja terdampak PHK sepanjang Januari hingga Juni 2024. Dari jumlah tersebut, kebanyakan alias 23,29 persen kasus PHK terjadi di Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PHK kebanyakan terjadi di Pulau Jawa. Di Jakarta nomor PHK mencapai 7.469 orang pada Januari - Juni 2024. Kemudian disusul Banten 6.135 orang dan Jawa Barat sebanyak 5.155 orang.

Selanjutnya Jawa Tengah sebanyak 4.275 orang dan Sulawesi Tengah sebanyak 1.812 orang.

"Ini kejadian luar biasa, hidup dengan penuh kesulitan. Ini nan kelak kita bakal perjuangkan. Mayoritas masyarakat Jakarta adalah pekerja, kita mau menyejahterakan masyarakat Jakarta, dimulai gimana menyejahterakan para pekerja nan terzalimi ini. Para pekerja susah dalam kehidupannya," sambung Kun.

Ia juga menyoroti gimana sistem pekerjaan berbasis kemitraan. Kun menyebut ini marak terjadi di jasa ojek online (ojol).

Sialnya, ojol seakan menjadi pelarian para pekerja nan terkena PHK. Kun mencatat ojol di Jakarta meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir, apalagi lebih dari 2 juta driver.

"Ini kan menjadi suatu fenomena. Bayangkan dengan tarif nan sangat kompetitif, biaya hidup sangat tinggi, dan mereka bukan diperlakukan sebagai pekerja tapi kemitraan (sehingga) tidak punya agunan sosial. Tadinya dia bisa dapat bayaran minimum provinsi (UMP), dengan ini dia hanya bisa mendapatkan pendapatan separuh dari UMP. Padahal, dia punya anak, istri, dan lain-lain," jelas Kun.

"Dengan tekanan hidup nan sangat tinggi, ini menyebabkan dia kudu melengkapi kebutuhannya dengan berutang, apalagi jika ke pinjaman online (pinjol). Coba bayangkan jika ditekan oleh debt collector, dia kudu bekerja di atas 12 jam. Apa nan terjadi di tengah traffic nan sangat padat? Kecelakaan," imbuhnya.

Sementara itu, Dharma Pongrekun menegaskan visi dan misi mereka adalah menjadikan Jakarta pusat perekonomian nasional. Selain itu, Jakarta bakal menjadi kota dunia nan mandiri, makmur, harmonis, dan beradab.

Ia menyebut mimpi tersebut bisa diwujudkan dengan mengutamakan perlindungan manusia dan pemberdayaan manusia. Ini termasuk melindungi keselamatan jiwa penduduk Jakarta.

"Modernisasi boleh, tetapi jangan menggerus manusia, seperti nan selama ini kita sibuk mempersoalkan kenapa banyak nan di-PHK. Modernisasi tidak boleh menggusur dan menggerus kehidupan manusia," tegas Dharma.

"Jadi, nan kami perjuangkan adalah hak-hak dasar kedaulatan hidup manusia. Jangan digerus oleh modernisasi, jangan teknologi menggerus manusia, jangan pembangunan prasarana menggerus manusia. Tempatnya banyak, tetapi tidak ada penghuninya lantaran hanya jadi investasi untuk dijual," sindirnya.

(skt/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional