Dirut BRI Bagikan 5 Langkah Dorong UMKM Indonesia

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS – Direktur Utama BRI, Sunarso menilai, upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nan menjadi pilar krusial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih memerlukan edukasi dari pada advokasi. Menurutnya, pembelaan bakal menempatkan UMKM di bawah bank ataupun lembaga pembiayaan.

“Kalau diedukasi sebenarnya menempatkan UMKM sejajar dengan bank sebagai mitra,” ujar Sunarso.

Menurutnya, terdapat lima perihal nan perlu diedukasi kepada UMKM. Pertama, mengenai semangat kewirausahaan. “Itu nan kudu kita educate kepada UMKM. Karena pelaku UMKM sangat banyak sehingga tetap beragam level-nya,” ujar Sunarso.

Kedua, mengenai keahlian dalam melakukan manajemen dan manajerial. Menurut Sunarso, ini merupakan pekerjaan rumah nan krusial karena tetap merupakan area nan sangat luas untuk dikerjakan.

Ketiga, tentang aksesibilitas UMKM terhadap informasi, pasar, teknologi dan pendanaan. Keempat mengenai keberlanjutan dan terakhir tentang pentingnya edukasi soal prinsip good corporate governance (GCG) kepada UMKM.

Iklan

“Kita perlu educate UMKM untuk menjalankan upaya dengan prinsip-prinsip GCG dengan baik. Itulah nan bakal menjadikan UMKM bertumbuh dan berkembang berkelanjutan,” ujarnya.

Dalam kaitan penyaluran angsuran terhadap segmen UMKM, hingga akhir Juni 2024, BRI sukses menyalurkan angsuran kepada segmen UMKM senilai Rp 1.095,64 triliun alias setara 81,69 persen dari total penyaluran angsuran BRI.

“Salah satu corak komitmen BRI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, ialah dengan tetap mendorong pembuatan lapangan pekerjaan, khususnya pada segmen UMKM, melalui penyaluran angsuran nan berbobot serta program-program pemberdayaan lainnya,” kata dia. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis