Disdik DKI: 405 Sekolah Swasta di Jakarta Tak Akan Digratiskan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 405 sekolah swasta di Jakarta tidak masuk program sekolah swasta gratis nan sedang dikaji oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta tidak menyebut secara rinci nama-nama sekolah swasta nan biaya pendidikannya tak bisa digratiskan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin mengatakan ratusan sekolah swasta itu tidak menerima support operasional sekolah (BOS) dari pemerintah pusat lantaran sudah bisa secara finansial.

"Dari sekolah ada grade 4-5 itu nan tidak menerima biaya BOS, itu ada sekitar 405. Jadi mereka memang sudah berdikari ya, tidak menerima biaya BOS dari pemerintah pusat. Nah, nan bakal kita hapuskan (gratiskan) adalah mereka nan menerima biaya BOS," kata Budi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (5/8).

Budi menyebut sekolah swasta dengan ranking empat hingga lima seperti Yayasan Pendidikan Al-Azhar Indonesia tak bakal masuk dalam program tersebut.

"Kalau misalkan Al-Azhar, ya tentu ini kan gradenya 4-5 ya. Jadi mereka nan memang swasta nan sudah mungkin seperti itu, kita tidak bakal masukkan," ungkapnya.

Ia mengatakan ada ribuan sekolah swasta di Jakarta nan biaya pendidikannya bakal digratiskan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Ada cukup banyak, kelak kita cek datanya. Lebih ribuan. Ada, sampai seribu," ujar Budi.

Budi menyampaikan jika naskah akademik mengenai kajian kebijakan sekolah swasta cuma-cuma di Jakarta rampung, maka Pemprov DKI Jakarta bakal segera mensosialisasikan kepada DPRD DKI Jakarta hingga Kemendikbudristek.

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang mendata sekolah swasta nan memungkinkan untuk diajak kerja sama dalam kebijakan sekolah swasta gratis.

Kebijakan sekolah swasta cuma-cuma itu untuk menjamin program wajib belajar 12 tahun bagi penduduk Jakarta. Selain itu, juga demi keadilan sosial, sehingga semua penduduk Jakarta punya kesempatan nan sama.

Berdasarkan info pokok pendidikan (dapodik) nan CNNIndonesia.com rangkum, total sekolah di Jakarta dari tingkat PAUD hingga atas mencapai 10.965. Rinciannya adalah sekolah negeri 2.093 alias 19,57 persen dan sekolah swasta 8.602 alias 80,43 persen.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta tengah membikin naskah akademik mengenai kebijakan sekolah swasta gratis. Kajian itu ditargetkan rampung pada akhir tahun ini, sehingga bisa diterapkan pada 2025 mendatang.

(lna/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional