DPP PKB Akan Kaji Ulang Usulan Anies Maju di Pilgub Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 07 Agu 2024 15:16 WIB

Waketum PKB Jazilul Fawaid menyebut terlalu awal untuk menyimpulkan wacana KIM Plus sengaja dibentuk untuk menjegal pencalonan Anies Baswedan di Jakarta. Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengaku bakal mengkaji ulang usulan DPW PKB DKI Jakarta mengusung nama Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. (PKB)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengaku bakal mengkaji ulang usulan DPW PKB DKI Jakarta mengusung nama Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024.

Jazilul mengatakan dinamika politik terus berkembang sehingga pihaknya perlu kembali melakukan pertimbangan untuk sampai pada keputusan final.

"DPW PKB DKI juga perlu kita ajak bicara, apa nan sudah menjadi usulan DPW DKI juga kudu kita pertimbangkan," kata Jazilul di kompleks parlemen, Rabu (6/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jazilul enggan mengaitkan keputusannya itu dengan wacana tambahan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) alias belakangan disebut KIM plus. Menurut Jazilul, KIM sejauh ini toh juga belum mengumumkan partai tambahan nan bakal bergabung.

Menurut Jazilul, terlalu awal untuk menyimpulkan wacana KIM Plus sengaja dibentuk untuk menjegal rencana pencalonan Anies Baswedan di Jakarta.

"KIM plus aja belum ada dan belum duduk berbareng apalagi tuduhan menjegal alias apa. Jadi tetap terlalu awal untuk mengambil kesimpulan," katanya.

DPP PKB hingga saat ini memang belum mengumumkan keputusan final atas usulan DPW DKI untuk mengusung Anies Baswedan maju di Pilkada 2024. Padahal, nama Anies telah diusulkan DPW PKB sejak 12 Juni lalu.

Bukan hanya PKB, Partai NasDem sebelumnya juga membuka kesempatan batal mengusung Anies pada Pilgub mendatang. Hingga sekarang partai ketua Surya Paloh itu belum mengeluarkan SK support kepada Anies untuk maju selain baru sebatas lisan.

Dengan dinamika itu, kesempatan Anies untuk maju kian sempit. Persis hingga sekarang baru PKS nan mengusulkan Anies. Namun, jumlah bangku PKS belum memenuhi syarat untuk mengusung Anies maju.

PKS mesti membangun koalisi untuk mencalonkan Anies di Pilkada Jakarta. Masih ada PDIP yang juga mempunyai rekan koalisi untuk mengusung cagub dan cawagub.

(thr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional