DPR Sahkan UU Keimigrasian: Pejabat Imigrasi Bisa Dilengkapi Senpi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 19 Sep 2024 23:47 WIB

DPR RI secara resmi telah mengesahkan revisi UU (RUU) Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian alias RUU imigrasi menjadi UU. UU keimigrasian bolehkan petugas imigrasi dibekali senpi. Ilustrasi (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

DPR RI secara resmi telah mengesahkan revisi UU (RUU) Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian alias RUU imigrasi menjadi UU.

Hal ini diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR ke-7 Masa Sidang I Tahun 2024-2025 nan digelar di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9).

"Kami menanyakan kepada setiap fraksi, apakah RUU tentang Keimigrasian dapat disetujui untuk disahkan menjadi UU?" tanya Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus nan memimpin rapat paripurna

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Setuju," timpal personil DPR serempak.

Sebelumnya seluruh fraksi di Badan Legislasi (Baleg) DPR dan Pemerintah telah menyetujui agar RUU tentang Keimigrasian bisa disahkan menjadi undang-undang dalam rapat paripurna.

Persetujuan itu berasas hasil rapat kerja baleg berbareng Menkumham Supratman Andi Agtas dan Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (11/9) lalu.

Salah satu poin krusial nan disepakati pemerintah dan DPR dalam RUU ini adalah mengenai pasal nan mengatur tentang penyediaan senjata api untuk pejabat imigrasi tertentu demi menjalankan kegunaan keimigrasian di bagian penegakan hukum.

"Penambahan subtansi Pasal 3 Ayat 4 mengenai pejabat imigrasi tertentu dapat dilengkapi senjata api nan jenis dan syarat penggunaannya diatur dalam peraturan perundang-undangan," kata Ketua Baleg DPR Wihadi Wiyanto dalam paparannya di ruang rapat paripurna.

Dirjen Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim sebelumnya sempat menjelaskan tambahan usulan dalam RUU Keimigrasian tersebut dimaksudkan untuk memihak diri.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional