Empat Parpol Dukung Khofifah di Pilgub Jatim, PKB Condong ke Marzuki

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 19 Mei 2024 10:05 WIB

Khofifah Indar Parawansa resmi diusung empat partai politik untuk maju di Pilkada Jatim 2024, ialah Gerindra, Golkar, PAN, dan Partai Demokrat. Empat parpol resmi dukung Khofifah-Emil dalam Pilkada Jatim 2024. (cnn indonesia/ naufal)

Jakarta, CNN Indonesia --

Keempat partai nan mengusung Khofifah saat ini ialah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat.

Meski telah didukung empat parpol tersebut, mantan Gubernur Jawa Timur ini tetap membuka opsi agar PKB juga ikut memberikan dukungannya di Pilgub nanti.

"Possibility ada, jadi partai menurut saya klaster satu fixed bahwa partai-partai nan ada di dalam Koalisi Indonesia Maju sudah memberi dukungan, itu klaster satu," kata Khofifah usai datang di Rakernas PAN di Jakarta, Jumat (10/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tapi di sisi lain PKB justru lebih condong ke mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar di Pilgub Jatim 2024 mendatang.

Hal ini juga disampaikan oleh DPW PKB Jatim Anik Maslachah. Kata dia berasas survei nan dilakukan Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) Marzuki memang masuk dalam daftar kandidat cagub Jatim. Hal ini tentu membuka kesempatan PKB untuk mengusung Marzuki.

"Dengan hasil survei itu ada kesempatan besar untuk Kiai Marzuki (diusung PKB) ya," kata dia saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (16/5).

Marzuki juga dinilai mempunyai elektabilitas nan cukup menjanjikan. Saat ini posisinya ada di urutan kedua setelah petahana, Khofifah. Padahal Marzuki bukan sosok politikus dan tidak pernah berkoar, kampanye, dan hanya konsentrasi membesarkan pesantren.

"23,7 persen itu nomor nan cukup tinggi dan banget sangat cukup untuk bisa memenangi Pilgub Jatim, mengingat waktu nan sangat cukup, so pasti penduduk NU bakal bersatu, karenanya ini kesempatan besar bagi PKB untuk mengantar beliau, itu pun jika beliaunya berkenan," kata dia.

(tst/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional