Empat Partai Resmi Dukung Khofifah-Emil, Gerindra dan PDIP Menyusul?

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2019-2024 kembali mendapat support politik untuk maju di Pilkada Jatim 2024.

Hingga awal Juni 2024, support resmi sudah diberikan oleh empat partai ialah Demokrat, Golkar, PAN, dan Perindo. Apabila keempat partai tersebut digabungkan, maka total Khofifah-Emil sudah menerima 31 dari 120 bangku alias 25,83 persen dari total keseluruhan bangku DPRD Jawa Timur periode 2024-2029.

Rinciannya adalah Demokrat dengan 11 kursi, Golkar dengan 15 kursi, dan PAN dengan 5 kursi. Sementara itu, Perindo tidak mendapatkan bangku sama sekali pada DPRD Jawa Timur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Partai Demokrat menjadi partai pertama nan resmi menyerahkan rekomendasi support ke pasangan petahana Khofifah dan Emil. Rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Hotel The Westin Surabaya, Selasa 12 Desember 2023 lalu.

"Untuk Pemilihan Gubernur Jatim 2024-2029 Partai Demokrat merekomendasikan Ibu Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur dan Mas Emil Elestianto Dardak sebagai wakil gubernur," kata AHY.

Menyusul Demokrat, Partai Golkar sudah secara resmi mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Khofifah-Emil.

"Kita sudah mengeluarkan surat keputusan untuk mengusung Ibu Khofifah dan Mas Emil sebagai Calon Gubernur Jawa Timur dan Wakil Gubernur," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Jakarta, Jumat (17/5).

Airlangga menilai kepemimpinan Khofifah-Emil pada periode pertama memimpin Jatim telah terbukti. Ia berambisi keduanya melanjutkan keberhasilan tersebut. 

Setelah Golkar, Khofifah dan Emil menemui Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo di Kantor DPP Partai Perindo yang kemudian mendapatkan surat berisi support resmi di Pilkada 2024.

"Saya seyakin-yakinnya tidak salah Jawa Timur bakal memilih pemimpin Bu Khofifah dan Mas Emil dengan angan Jawa Timur maju, kesenjangan makin tipis, masyarakat sejahtera," kata Hary usai menyerahkan surat support kepada Khofifah-Emil di Kantor DPP Partai Perindo, Jakarta, Rabu (22/5).

Terbaru, PAN lewat Ketua Umum Zulkifli Hasan secara langsung memberikan surat support resmi kepada Khofifah-Emil di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (3/6).

"Jadi kami menyerahkan SK support terhadap Ibu Khofifah untuk melanjutkan periode kedua," kata Zulhas dalam konvensi pers.

Zulhas mengatakan kepemimpinan Khofifah dan Emil selama satu periode di Jatim telah teruji dan kudu dilanjutkan.

Sinyal Gerindra dan PDIP 

Partai lain nan disinyalir juga bakal memberikan support adalah Gerindra dan PDIP. Namun, hingga saat ini belum ada surat resmi dari kedua partai tersebut.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku tengah mempersiapkan surat rekomendasi bagi Khofifah dan Emil.

"Pada saat ini DPP Partai Gerindra sedang mempersiapkan surat rekomendasi kepada Bu Khofifah dan Emil Dardak," kata Dasco di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (20/5).

Dasco menyebut surat rekomendasi itu bakal diserahkan pada waktu nan tepat ke Khofifah-Emil. Namun, dia tetap enggan membeberkan kapan Gerindra bakal menyerahkan surat tersebut.

Sementara dengan PDIP, Khofifah menyatakan bahwa komunikasi tetap melangkah dengan baik, dan ada indikasi pembicaraan dengan beberapa partai lain juga sedang berlangsung.

"Kalau PDIP kami sudah berkomunikasi, ke NasDem belum. Hanya waktu saja saling membangun klaster prioritas. Kami punya klaster nan sudah memberikan dukungan, kemudian ada klaster berikutnya nan sudah membangun komunikasi, ada klaster berikutnya nan belum terbangun komunikasi," ujarnya di DPP Partai Perindo, Rabu (22/5).

Khofifah juga sudah angkat bunyi soal berita PDIP Jatim nan mengusulkan tiga nama Cawagub untuk menjadi pasangannya dalam Pilgub Jatim 2024. Ia membantah bahwa PDIP sudah mengusulkan nama-nama untuk mendampingi dirinya dalam Pilkada 2024.

"Saya sudah ketemu mereka dan tidak begitu," kata Khofifah dalam Podcast What the Fact! Politics, Rabu (8/5).

Ia menyebut salah satu dari tiga nama nan diusulkan, ialah Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana namalain Dhito nan bakal kembali maju mencalonkan diri sebagai Bupati Kediri di Pilkada 2024.

"Mas Dhito Insya Allah mau maju Bupati Kediri lagi gitu iya gitu sih," ujarnya.

Di sisi lain, Khofifah mengaku bahwa hingga saat ini belum ada komunikasi dengan partai PKS, Nasdem dan PKB jelang Pilkada 2024.

Emil Dardak juga menyampaikan perihal serupa saat tiba di aktivitas pemberian support resmi Partai Golkar untuk Khofifah-Emil pada Pilkada Jatim.

"PDIP juga sebenarnya berjalan. Ibu (Khofifah) juga berjalan. Insyaallah suasana sangat cair, akrab," jelasnya.

(csr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional