Enam PSN Sektor Transportasi tak Selesai Tahun Ini, Diteruskan ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan ada sejumlah Proyek Strategis Nasional alias PSN sektor transportasi nan belum bisa diselesaikan tahun ini alias di akhir periode kedudukan Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Artinya, proyek itu bakal diselesaikan di era pemerintahan presiden-wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

"Ada enam PSN nan selesai setelah tahun 2024," kata Budi Karya dalam aktivitas Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024.

Budi Karya mengatakan enam proyek tersebut belum bisa diselesaikan lantaran terkendala perizinan. Selain itu, terganjal rumor pembebasan lahan.

Adapun keenam proyek tersebut terdiri dari  LRT Segmen Velodrome-Manggarai, MRT Jakarta East-West, MRT North-South, Infrastruktur KA Logistik Kalimantan Timur, pembangunan Pelabuhan Palembang Baru, dan pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Muaro Jambi.

Sepanjang 2020 hingga saat ini, Kemenhub telah menyelesaikan 25 PSN sektor transportasi dari total sebanyak 35 proyek. Rinciannya, 7 proyek transportasi, 7 proyek perkeretaapian, dan 11 pelabuhan.

Untuk tahun ini, Budi Karya bakal menyelesaikan empat proyek lagi, ialah pengembangan Pelabuhan Sorong, pengembangan Pelabuhan Benoa, double track kereta api di Jawa Selatan, dan KA Logistik Lahat-Kertapati.

Menteri Koordinator bagian Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya menargetkan 41 Proyek Strategis Nasional (PSN) selesai di tahun ini. Nilai keseluruhan proyek tersebut sebesar Rp 554 triliun.

"Target kudu selesai di 2024," ujar Airlangga dalam rapat Kerja Nasional Percepatan dan Pra Evaluasi PSN di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024.

Iklan

Secara kumulatif, 198 proyek telah selesai sejak 2016. Total realisasinya mencapai Rp 1.614 triliun dengan melibatkan tenaga kerja 2,71 juta orang. Ada 44 proyek dan 3 program tetap dalam tahap konstruksi. 

Pilihan Editor: Kemenhub: Jakarta Masuk Daftar 50 Kota Maritim Terkemuka di Dunia

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis