Gantikan Yasonna, Supratman Diminta Jokowi Selesaikan RUU Koperasi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) baru Supratman Andi Agtas mengaku dititipkan sejumlah tugas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai dilantik pada Senin (19/8) lalu.

Politikus Gerindra ini mengaku diminta Jokowi untuk menyelesaikan pembahasan Rancangan Undang-undang di Parlemen, salah satunya RUU Perkoperasian nan telah dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK).

Padahal, menurut dia, koperasi merupakan salah satu sokoguru perekonomian Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"UU ini menjadi perhatian. Saya harapkan Kepala BPHN (Badan Pembinaan Hukum Nasional) dan Dirjen PP (Peraturan Perundang-undangan) untuk berkomunikasi berbareng Parlemen, baik di Komisi VI maupun Badan Legislasi," kata Supratman dalam agenda serah terima kedudukan dengan Yasonna H Laoly di Gedung Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta, Selasa (20/8).

Presiden Jokowi melantik Supratman untuk menggantikan Yasonna pada 19 Agustus lalu. Dalam sertijab, Supratman mengatakan tidak mau pergantian pucuk ketua di tubuh Kemenkumham menimbulkan perpecahan.

"Prinsip keberhasilan hanya satu ialah kolaborasi. Tanpa kerjasama tidak bisa kita berhasil. Saya tidak mau di antara kita ada perpecahan lantaran pergantian pimpinan," ujarnya di hadapan jejeran pegawai Kemenkumham.

Ia berambisi support penuh dari jejeran Kemenkumham. Kolaborasi, tekan dia, kudu lebih sering dilakukan dalam pekerjaan ke depan.

Mantan personil DPR ini mengatakan bakal melanjutkan seluruh capaian nan telah diraih Kemenkumham pada era Yasonna.

Menurutnya, ketua dapat berganti, tetapi keahlian kudu tetap berkelanjutan.

"Seluruh jejeran Kemenkumham, saya berambisi apa nan dicapai oleh Profesor Yasonna mari kita lanjutkan. nan kurang kita perbaiki," tuturnya.

Sementara itu, Yasonna Laoly, pada momen nan sama, menyampaikan terima kasih kepada seluruh jejeran Kemenkumham.

Bagi dia, seluruh catatan baik Kemenkumham sukses didapatkan lantaran kekompakan dan kerja sama.

"Tidak mungkin menteri bekerja sendiri. Kekompakan dan kebersamaan kita telah mengukir catatan-catatan baik selama saya memimpin Kementerian ini. Terima kasih untuk kerja keras dan dukungannya," ungkap Yasonna.

Menkumham periode 2014-2024 ini membujuk jejeran Kemenkumham, mulai dari ketua tinggi hingga pegawai untuk memberikan support kepada Supratman sebagai menteri nan baru.

Supratman Andi Agtas merupakan politikus asal Sulawesi Tengah.

Sebelum menjadi Menteri Hukum dan HAM, laki-laki kelahiran 28 September 1969 ini mempunyai pengalaman sebagai seorang advokat, akademisi, dan politikus.

(ryn/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional