Gempa M 4,9 di Kabupaten Bandung, PT KAI Sempat Hentikan Perjalanan 11 Kereta

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung menghentikan sementara perjalanan 11 kereta mengantisipasi adanya kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan M4,9 nan terjadi di Kabupaten Bandung, Rabu, 15 September 2024.

“Tindakan sigap tersebut untuk memastikan tidak adanya kerusakan baik pada jalan rel, alias struktur jembatan nan ada di wilayah Daop 2 Bandung, serta guna mengantisipasi hal-hal nan dapat mengganggu perjalanan kereta api," kata Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung Ayep Hanapi dalam keterangannya, Rabu, 15 September 2024.

Adapun 11 kereta tersebut adalah KA PLB 7321 (KA Feeder) di Stasiun Bandung, KA 352 (CL Bandung Raya) di Stasiun Ciroyom, KA PLB 7320 (KA Feeder) di Stasiun Cimahi, KA 342 (CL Bandung Raya) di Stasiun Padalarang dan KA 52 (KA Argo Parahyangan) di Stasiun Maswati.

Lalu ada kereta KA D2/11047 (Ka Barang Dinas) di Stasiun Cilame, KA 267 (KA Cikuray) di Stasiun Maswati, KA 363 (CL Bandung Raya) di Stasiun Cicalengka, KA 380 (CL Bandung Raya) di Stasiun Rancaekek, KA 7048 (KA Papandayan) di Stasiun Kiaracondong, serta KA 386 (CL Garut) di Stasiun Pasir Jengkol.

Ayep mengatakan, pengecekan menyeluruh telah dilakukan pasca gempa Kabupaten Bandung M5,0 dan seluruh lintasan jalur kereta di Daerah Operasi 2 Bandung dinyatakan kondusif dilalui. “Seluruh perjalanan kereta api kondusif pasca gempa. Tidak ada akibat kerusakan di stasiun maupun di jalur rel akibat gempa tersebut,” katanya.

Iklan

PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya perjalanan kereta api. “Daop 2 Bandung menyampaikan permohonan maaf atas tertahannya perjalanan KA tersebut selama beberapa menit lantaran dilakukan pengecekan jalur guna memastikan perjalanan KA kondusif dan selamat,” katanya.

Sebelumnya, BMKG mencatat telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan M5,0 pada Rabu, 18 September 2024, pukul 09,41.08 WIB di wilayah Kabupaten Bandung. BMKG memperbarui info gempa bumi tersebut dan menyebut kekuatan gempa M4,9 dengan pusat gempa berada di koordinat 7,23° LS ; 107,65° BT, alias tepatnya berlokasi di darat 25 kilometer tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Pilihan Editor: Selama Periode Libur Panjang Maulid Nabi, Penumpang LRT Meningkat 10 Persen

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis