Gerindra Bantah Jokowi Ikut Campur soal Susunan Kabinet Prabowo

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 09 Okt 2024 05:40 WIB

Gerindra menjamin Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto tidak pernah membicarakan susunan kabinet baru. Gerindra menjamin Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto tidak pernah membicarakan susunan kabinet baru. (Foto: Dok. Istimewa)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan komposisi kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal diumumkan saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober.

"Nama kabinet bakal disampaikan oleh Pak Prabowo sendiri pada saat pengumuman nama-nama kabinet pada tanggal 20 (Oktober) nanti," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam kesempatan itu, Dasco juga membantah rumor Presiden Joko Widodo ikut membicarakan kabinet pemerintah baru kelak dengan Prabowo.

"Sampai dengan hari ini tidak pernah Pak Jokowi kemudian alias Pak Prabowo membicarakan kabinet lantaran pada prinsipnya Pak Jokowi memberikan kewenangan prerogatif itu kepada Pak Prabowo sebagai presiden terpilih," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya saat ini tengah konsentrasi mempersiapkan aktivitas pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih agar dapat melangkah lancar.

"Karena di situ bakal banyak tamu-tamu negara, kepala-kepala dari negara lain nan bakal hadir. Itu kami konsentrasi di situ sehingga sedapat mungkin kelancaran dari pelantikan itu tidak bakal tergantung oleh kegiatan-kegiatan nan tambahan maksudnya begitu," tutur Dasco seperti dikutip Antara.

Sementara itu, Dasco juga menegaskan Partai Gerindra saat ini tetap melakukan komunikasi mengenai program-program ataupun pemenuhan janji kampanye Prabowo dengan partai-partai politik lainnya.

Hal itu disampaikan Dasco merespons rumor soal sinyal PDI Perjuangan (PDIP) nan bakal merapat ke koalisi pemerintahan mendatang hingga mendapat tawaran jatah menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

"Nah, unik dengan PDI Perjuangan ini belum ada pembicaraan-pembicaraan mengenai nama-nama nan bakal masuk alias kemudian gimana kelak sikap PDI Perjuangan terhadap pemerintahan nan baru secara resmi. Oleh lantaran itu, kami minta kepada para pihak untuk menunggu saja perkembangannya sembari kami konsentrasi pada pelantikan," katanya.

Dasco juga menepis berita bahwa pertemuan Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bakal dilangsungkan pada 11 Oktober.

"Saya belum dengar berita itu lantaran perencanaan-perencanaan pertemuan itu tentunya melibatkan orang nan mengatur di lingkaran masing-masing Pak Prabowo, dan sampai hari ini saya belum mendengar bahwa tanggal 11 itu ada pertemuan," ucap dia.

(Antara/rds)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional