Ghufron Ungkap Tes Tertulis Capim: Sesuai Kondisi KPK saat Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 31 Jul 2024 16:08 WIB

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebut para calon ketua KPK juga diminta memberikan perspektif terhadap dugaan-dugaan transaksi finansial di bumi maya. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menilai tes tertulis calon ketua (capim) KPK sesuai dengan kondisi lembaga antirasuah saat ini. (CNN Indonesia/ Poppy Fadhilah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menilai tes tertulis calon ketua (capim) KPK sesuai dengan kondisi lembaga antirasuah saat ini.

Hal itu disampaikan Ghufron usai menjalani tes tertulis di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (31/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pertanyaannya aktual, sesuai dengan kondisi KPK saat ini maupun tantangan yg bakal datang," ujar Ghufron.

"Bukan hanya aktual, tapi juga perspektif ke depan terhadap dugaan-dugaan transaksi finansial di bumi maya," kata Ghufron.

Ghufron mengaku percaya diri lolos tes tertulis ini. Ia bermohon semoga diberkati oleh Allah SWT.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak juga datang sebagai salah satu peserta capim KPK nan mengikuti tes tertulis. Menurut Tanak, pertanyaan pada tes tertulis kali ini berbeda dengan nan sebelumnya.

"(Yang sekarang) Lebih konsentrasi kepada tugas dan kegunaan KPK dalam pemberantasan tindak pidana korupsi," kata Tanak.

Anggota Pansel Capim KPK Elwi Danil mengatakan 229 capim kpk datang tes tertulis dari total peserta 236 orang. Lalu, ada 7 capim nan tak hadir. Mereka pun dinyatakan gugur.

"Yang tidak datang itu dinyatakan gugur. Tidak ada (alasan tidak hadir). Dan mereka sudah tahu bahwa jika mereka tidak datang otomatis mereka gugur," tegas Elwi.

Nama peserta nan dinyatakan lulus tes tertulis bakal diumumkan pada 8 Agustus 2024 melalui website Kementerian Sekretariat Negera (www.setneg.go.id) dan website kpk.go.id.

Pansel mengharapkan tanggapan dari masyarakat terhadap nama-nama peserta seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Masa Jabatan Tahun 2024-2029.

Elwi menjelaskan tanggapan masyarakat disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi sampai dengan tanggal 24 Agustus 2024, melalui website Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL) pada alamat https://apel.setneg.go.id, alias melalui email ke [email protected] dan [email protected].

Sebanyak 236 orang telah dinyatakan lulus seleksi manajemen capim KPK periode 2024-2029. Para nama nan lolos tersebut termuat dalam pengumuman nomor: 37/PANSEL-KPK/07/2024 pada Rabu (24/7).

Mereka nan lolos seleksi manajemen itu berasal dari beragam latar belakang, mulai dari pegawai KPK, polisi, jaksa, hingga politikus.

(pop/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional