Gibran Buka Suara soal Kaesang Maju Pilkada 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Solo, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, Kaesang Pangarep santer disebut-sebut bakal maju di Pilkada 2024. Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu mendapat support dari beberapa pihak untuk maju di Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Bekasi dan Surabaya, hingga Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta.

Menanggapi perihal itu, kakak Kaesang nan juga Wakil Presiden RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka enggan berkomentar banyak. Ia menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Kaesang.

"Keputusannya di kaesang untuk maju alias tidak," kata Gibran saat ditemui di Taman Balekambang, Solo, Kamis (30/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gibran menilai pertanyaan tersebut semestinya dialamatkan kepada partai ketua Kaesang, PSI.

"Tanyakan aja ke temen-temen di PSI," katanya.

Wali Kota Solo itu pun memastikan Kaesang tidak mendapatkan perlakuan unik jika bertanding di arena Pilkada 2024. Menurutnya, semua calon pemimpin muda di tanah air mempunyai kesempatan nan sama.

"(Kesempatan untuk nan muda) ada. Terbuka luas untuk semua," katanya.

Kaesang banyak muncul sebagai salah satu kandidat peserta Pilkada di beberapa daerah. Namanya pertama kali disebut dalam survei elektabilitas tokoh potensial untuk berkompetisi di Pilkada Solo.

Kaesang menempati posisi kedua setelah Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Belakangan, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mendorong duet, Budisatrio Djiwandono dengan Kaesang.

Melalui media sosial Instagram, dia mengunggah foto Budisatrio dan Kaesang dilengkapi dengan tulisan 'For Jakarta 2024'.

"Budisatrio Djiwandono - Kaesang Pangarep For Jakarta 2024," tulis Dasco di Instagramnya, Rabu (29/5).

Selain itu, Kaesang juga didorong untuk maju di Pilkada Surabaya. Wajah Kaesang terpampang di spanduk nan dipasang sejumlah titik di Kota Surabaya. Baliho Kaesang itu terpantau berada di Jalan Gunung Sari, Jalan Simo, Jalan Wiyung, dan di perempatan Jalan Mayjend Sungkono.

Plt Ketua DPD PSI Surabaya, Shobikin mengatakan pihaknya tidak mengetahui siapa nan memasang iklan berparas Kaesang itu. Menurutnya, spanduk-spanduk tersebut menunjukkan adanya kemauan dari masyarakat agar Kaesang maju sebagai calon wali kota di Pilkada Surabaya 2024.

Shobikin tak menampik kader dan personil PSI Surabaya juga menginginkan Kaesang untuk maju di Pemilihan Wali Kota Surabaya 2024. Namun perihal itu dia serahkan kembali ke pribadi Kaesang.

"Tentu ada nan menginginkan, cuman nan bersangkut bersedia alias tidak," ujar dia.

(syd/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional