Gibran ke UEA Lapor MBZ Lapor Pemanfaatan Dana Hibah

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 13 Mei 2024 13:30 WIB

Wali Kota Solo bakal berjamu ke Uni Emirat Arab (UEA) dan Qatar selama sepekan untuk melaporkan pemanfaatan biaya hibah dari dua negara itu. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal berjamu ke UEA dan Qatar selama sepekan ini. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Solo, CNN Indonesia --

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tidak bakal berkantor di Balai Kota Solo selama sepekan ke depan. Wapres RI terpilih itu dijadwalkan berjamu ke Uni Emirat Arab (UEA) dan Qatar hingga Jumat (17/5).

Kepala Bidang Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solo, Herwin Nugroho mengatakan semua berkas perizinan Gibran sudah kelar sejak Rabu (8/5) kemarin.

"Sudah keluar surat izin dari setneg, sudah keluar exit permit dari Kemenlu," kata Herwin, Minggu (12/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Herwin nan menjadi ajudan Jokowi ketika tetap menjadi Wali Kota Solo itu menjelaskan kunjungan Gibran ke dua negara sahabat itu berangkaian dengan biaya hibah nan diberikan untuk Kota Solo.

UEA disebutnya menggelontorkan hibah senilai 15 juta Dolar Amerika (USD) alias setara Rp 240,84 miliar (kurs Rp 16.000 per USD). Hibah tersebut digunakan untuk beragam program Pemkot Solo.

Selain pembangunan infrastruktur, biaya cuma-cuma itu dimanfaatkan Pemkot untuk perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) milik warga, pembangunan rumah sakit, hingga pengentasan stunting di Kota Solo.

"Progres hibah dari UEA kan sudah kelihatan. Istilahnya bakal melaporkan kepada nan Mulia MBZ (Mohammed bin Zayed) progres-progresnya bagaimana," kata Herwin .

"Termasuk hibah nan RS, kemudian hibah-hibah nan sebelumnya. Kemudian kelak setelah operasional pengarahan dari nan Mulia MBZ seperti apa," lanjutnya.

Gibran dijadwalkan berangkat ke UEA dan Qatar hingga Jumat (17/5) besok. Selama Gibran berada di mancanegara, tugas-tugasnya sebagai Wali Kota Solo bakal dijalankan oleh Wakilnya, Teguh Prakosa.

"Untuk aktivitas sehari-hari kelak seperti biasa bakal dikomando Pak Wawali," katanya.

(syd/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional