Golkar Optimis Koalisi dengan Gerindra di DKI, Cagub Belum Tentu RK

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 24 Jun 2024 17:39 WIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimis bakal berkoalisi dengan Gerindra di pemilihan gubernur-wakil gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimis bakal berkoalisi dengan Gerindra di pemilihan gubernur-wakil gubernur Jakarta pada Pilkada 2024 (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimis bakal berkoalisi dengan Gerindra di pemilihan calon gubernur-wakil gubernur Jakarta di Pilkada 2024.

Saat ini, kedua partai tengah menggodok calon gubernur nan bakal diusung bersama. Belum tentu Ridwan Kamil.

"Optimis berbareng Gerindra. Calonnya dibahas berbareng Gerindra," kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Airlangga menyebut ada beberapa pertimbangan untuk menentukan pasangan cagub dan cawagub Jakarta nan bakal diusung bersama. Salah satunya dengan memandang tren elektabilitas berasas sejumlah survei.

Sementara mengenai nama Ridwan Kamil (RK) nan digadang-gadang bakal dicalonkan Golkar, Airlangga tetap belum bisa memastikan. Menurutnya RK berpotensi untuk maju di Jakarta alias Jawa Barat.

"Ya kan kita belum putuskan RK ke Jakarta. Nanti [calon untuk Jakarta dan Jawa Barat] bakal diumumin bersama," ujarnya.

Nama mantan Gubernur Jawa Barat RK masuk dalam bursa Pilkada Jakarta dan Jawa Barat 2024. Kader Partai Golkar itu mengantongi surat penugasan dari partainya untuk maju di dua provinsi tersebut.

Sebelumnya, sejumlah petinggi Golkar lebih condong mendorong RK untuk maju di Jawa Barat lantaran berpotensi menang. Namun, sejumlah partai besar juga melirik RK untuk maju di Jakarta.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut RK sendiri nan meminta untuk maju di Jakarta.

Ia mengatakan partainya memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub Jakarta 2024 berasas rapat dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Sementara itu, hingga saat ini, belum ada pernyataan dari RK soal Pilgub.

(khr/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional