Gunung Marapi Sumbar Erupsi 1 Menit 13 Detik

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 15 Sep 2024 13:43 WIB

Erupsi Gunung Marapi terjadi pukul 11.56 WIB, disertai lontaran abu vulkanik setinggi 300 meter dari atas puncak. Ilustrasi. Erupsi Gunung Marapi terjadi pukul 11.56 WIB, disertai lontaran abu vulkanik setinggi 300 meter dari atas puncak. (CNN Indonesia/John Nedy)

Bukittinggi, CNN Indonesia --

Gunung Marapi yang berada di Sumatera Barat, mengalami erupsi, Minggu (15/9) siang.

Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi mencatat, erupsi terjadi pukul 11.56 WIB, disertai lontaran abu vulkanik setinggi 300 meter dari atas puncak.

"Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 15 September 2024 pukul 11:56 WIB dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 300 meter di atas puncak," kata petugas PGA Marapi, Teguh Purnomo dalam keterangan kepada CNNIndonesia.com.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Erupsi terekam berjalan selama 73 detik, alias 1 menit 13 detik.

Ia menyebut, letusan disertai lontaran abu vulkanik tebal.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur laut," katanya

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 milimeter dan lama sekitar 1 menit 13 detik," tambah Teguh.

Marapi kembali menunjukkan aktivitas dalam dua hari terakhir. Sepanjang Sabtu (14/9) Marapi tercatat erupsi dua kali dan mengeluarkan 21 kali gempa hembusan.

Gunung Marapi sudah berada pada status Level II alias waspada sejak Senin (1/7) lalu. Meski begitu, masyarakat di sekitar Marapi ataupun visitor lainnya, dilarang memasuki dan melakukan aktivitas di dalam wilayah radius 3 kilometer dari pusat aktivitas alias kawah verbeck.

Masyarakat nan bermukim di sekitar lembah alias aliran bantaran sungai-sungai nan berhulu di puncak gunung, juga diminta selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar nan dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

(ne/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional