Gunung Ruang Status Awas, 12 Ribu Warga Radius 7 Km Harus Direlokasi

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 03 Mei 2024 00:01 WIB

BNPB ungkap 9.000 hingga 12.000 penduduk Pulau Ruang di radius tujuh kilometer kudu direlokasi imbas status hati-hati Gunung Ruang. BNPB ungkap 9.000 hingga 12.000 penduduk Pulau Ruang di radius tujuh kilometer kudu direlokasi imbas status hati-hati Gunung Ruang. (ANTARA FOTO/Andri Saputra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto mengatakan sekitar 9.000 hingga 12.000 penduduk Pulau Ruang di radius tujuh kilometer kudu diungsikan. Kondisi tersebut menyusul erupsi Gunung Ruang belakangan ini.

Letjen Suharyanto menegaskan keselamatan masyarakat terdampak betul-betul menjadi prioritas mereka dan menjadi unsur utama nan kudu sangat diyakinkan keamanannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Nah, dari nan disampaikan Pak Hendra (Kepala PVMBG), berfaedah kan kami sepakat, lantaran statusnya sudah paling tinggi, kami tidak bisa ambil risiko," kata ujar Suharyanto dalam rapat koordinasi erupsi Gunung Ruang di Manado, Kamis (2/5).

"SOP nan ditetapkan ketika gunung itu menjadi Awas, kami kudu ikuti semua [termasuk mengungsikan penduduk sekitar]," dia menegaskan.

Selain mengungsikan penduduk sekitar, BNPB juga kudu menyiapkan beberapa perangkat untuk memantau gunung api. Hal itu diperlukan untuk melakukan pertimbangan nan bisa berpengaruh ke penutupan alias pengoperasian kembali bandara.

[Gambas:Video CNN]

"Kami sebetulnya juga mempunyai helikopter, sekarang sementara standby di Gorontalo, lantaran belum bisa masuk ke sini. Helikopter juga digunakan untuk pemindahan masyarakat nan sakit dan sebagainya," katanya.

Dia mengatakan langkah-langkah nan dilakukan pemerintah wilayah dan para pemangku kepentingan dalam penanganan penduduk korban erupsi Gunung Ruang sudah sangat tepat.

"Semuanya melangkah dengan baik dan antara TNI, Polri, pemerintah wilayah dan semua lembaga mengenai juga sudah kompak," ucap Suharyanto.

"Ini minta dipertahankan terus, sehingga langkah-langkah lanjutan setelah terjadinya erupsi nan kedua ini betul-betul bisa kami laksanakan," ujarnya.

Sebelumnya, Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara kembali berstatus hati-hati level IV setelah kembali erupsi pada Selasa (30/4) pukul 02.35 WITA.

Saat erupsi, tinggi kolom abu tidak teramati. Namun, erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan lama sementara ini sekitar 10 menit.

(Antara/chri)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional