Gus Salam Pantang Mundur Gelar MLB NU, Ketua PBNU Tuding Pengangguran

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pengasuh Mambaul Maarif Denanyar Jombang, KH Abdussalam Shohib alias Gus Salam mengatakan Muktamar Luar Biasa (MLB) Nahdlatul Ulama (NU), tetap digelar meski ada sejumlah pihak nan kontra.

Pasalnya, menurut Gus Salam MLB tidak bisa dibubarkan lantaran kebebasan berserikat dan beranggapan dilindungi konstitusi dan diatur dalam undang-undang.

"Kalau ada, siapa pun datang ke aktivitas MLB, baik nan setuju alias tidak setuju, apalagi mempunyai niat membubarkan, bakal kami ajak ngopi, diskusi, dan ngaji," ucap Gus Salam dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (15/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rencananya, MLB bakal digelar usai aktivitas pra-MLB di akhir September alias awal Oktober 2024.

Selain itu, Gus Salam mengatakan Musyawarah Besar (Mubes) Alim Ulama nan mendorong penyelenggaraan Muktamar Luar Biasa (MLB) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), segera membentuk presidium di daerah-daerah.

"Terdekat kita bakal keliling ke wilayah-wilayah, lantaran banyak permintaan untuk membentuk presidium di daerah-daerah," kata Gus Salam nan juga Juru Bicara Mubes Alim Ulama NU saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Minggu kemarin.

Gus Salam mengatakan, saat ini sudah ada sejumlah PCNU dan PWNU nan mendukung langkah MLB itu. Namun dia belum bisa mengungkap jumlahnya.

Alasan Gus Salam, ada pihak-pihak nan menekan PCNU dan PWNU nan mendukung MLB tersebut.

"Hampir merata di semua wilayah. Untuk PWNU & PCNU belum bisa kami buka sekarang, lantaran bagian dari strategi dan menjaga kerahasiaan, lantaran semua PCNU hari mendapat tekanan," katanya.

Gus Salam pun menargetkan pihaknya menggelar Pra-MLB pada Oktober 2024 mendatang. Dari aktivitas itu mereka bakal menentukan waktu dan tempat gelaran MLB.

"Mungkin awal Oktober kita menggelar Pra-MLB, dari hasil pertemuan baru kita tentukan kapan dan tempat MLB," ucapnya.

Ia pun berharap, MLB PBNU bisa digelar tahun ini. Mereka bakal menjalin komunikasi secara tertutup hingga waktunya tepat.

"Semoga MLB bisa dilakukan sebelum pergantian tahun, kepastiannya menunggu Pra-MLB. Kita terus komunikasi secara tertutup. Insya Allah ketika sudah waktunya, PW dan PC bakal siap datang di MLB," kata dia.

MLB merupakan hasil dari Mubes Alim Ulama di Bangkalan, Jawa Timur pada Minggu (18/8). Pertemuan sejumlah ustad dan ustadz menghasilkan 'Amanah Bangkalan' di mana salah satu poinnya persiapan MLB.

Sebelumnya, Gus Salam menyatakan MLB didukung pengurus di ratusan PCNU dan puluhan PWNU se-Indonesia, di mana sudah ada komunikasi dengan '23 pengurus wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), 326 pengurus bagian Nahdlatul Ulama (PCNU), dan 12 pengurus bagian spesial Nahdlatul Ulama (PCINU)'.

MLB wacana pengangguran

Terpisah, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Abdullah Latopada menegaskan memastikan aktivitas Muktamar Luar Biasa (MLB) itu tidak mempunyai legitimasi organisasi.

Abdullah menegaskan tidak ada satupun pengurus bagian ataupun pengurus wilayah NU nan terlibat dalam wacana MLB tersebut. Ia apalagi menyebut aktivitas MLB tersebut abal-abal dan didalangi oleh pihak-pihak nan tidak mempunyai pekerjaan.

"Saya pastikan tidak ada bagian ataupun wilayah nan ikut. Kan, itu hanya wacana nan didengungkan segelintir orang pengangguran," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (15/9).

Eks Ketua GP Ansor itu mengatakan rumor MLB itu hanyalah wacana usang nan digagas oleh pihak tertentu dan tidak mempunyai legitimasi apapun di bawah jejeran pengurus PBNU.

"Mereka ini gerombolan pengangguran. Kami tahu persis siapa dalangnya," tuturnya.

Lebih lanjut, Abdullah mengatakan sepanjang sejarah berdirinya NU tidak pernah ada bentrok mengenai perebutan jabatan. Sebab struktur kepengurusan PBNU telah kokoh dan terkonsolidasi hingga bawah.

"Karenanya jika ada klaim mereka didukung PCNU dan PWNU, maka saya pastikan itu tindakan menyebar hoaks. Di NU itu tidak ada rebutan jabatan," katanya.

(kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional