Gus Salam Tegaskan Muktamar Luar Biasa NU Tetap Digelar

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah panas rumor pembubaran Muktamar Luar Biasa (MLB) Nahdlatul Ulama (NU), Gus Salam tegaskan MLB tetap digelar.

Pengasuh Mambaul Maarif Denanyar Jombang, K.H. Abdussalam Shohib alias Gus Salam mengatakan MLB NU tetap digelar meski ada sejumlah pihak nan kontra.

Pasalnya, menurut Gus Salam MLB tidak bisa dibubarkan lantaran kebebasan berserikat dan beranggapan dilindungi konstitusi dan diatur dalam undang-undang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau ada, siapa pun datang ke aktivitas MLB, baik nan setuju alias tidak setuju, apalagi mempunyai niat membubarkan, bakal kami ajak ngopi, diskusi, dan ngaji," ucap Gus Salam dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Rencananya, MLB bakal digelar usai aktivitas pra-MLB di akhir September alias awal Oktober 2024.

Sementara itu, dalam tubuh PBNU sendiri agenda MLB tetap jadi pro dan kontra. Namun, kata Gus Salam, ketika ada perbedaan dan dinamika PBNU dan NU, selalu ada pihak nan di tengah ialah Ansor, Banser, dan Pagar Nusa.

Hal ini belajar dari pengalaman di masa lampau ketika dinamika antara PBNU dan NU, juga antara Gus Dur, Kiai Hasyim Muzadi, Kiai Hasyim, Kiai Said, dan Gus Solah.

MLB sendiri merupakan hasil dari Mubes Alim Ulama di Bangkalan, Jawa Timur pada Minggu (18/8). Pertemuan sejumlah ustad dan ustadz menghasilkan 'Amanah Bangkalan' di mana salah satu poinnya persiapan MLB.

Sebelumnya, Gus Salam menyatakan MLB didukung pengurus di ratusan PCNU dan puluhan PWNU se-Indonesia.

"Yang sudah komunikasi ada 23 pengurus wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), 326 pengurus bagian Nahdlatul Ulama (PCNU) dan 12 pengurus bagian spesial Nahdlatul Ulama (PCINU)," katanya, dilansir dari detik.

(els/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional