Gus Yahya soal Pansus Haji: Jangan-jangan Cuma Mau Incar Adik Saya

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 28 Jul 2024 14:45 WIB

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengaku berprasangka dengan tujuan di kembali pembentukan Pansus Haji 2024 oleh DPR. Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengaku berprasangka dengan tujuan di kembali pembentukan Pansus Haji 2024 oleh DPR. (CNN Indonesia/Tunggul Damarjati)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengaku mengendus kepentingan pribadi di kembali pembentukan panitia unik (pansus) penyelenggaraan Haji 2024 nan diinisiasi PKB.

Yahya merasa berprasangka salah satu tujuan pansus itu untuk menyerang PBNU, lantaran Kementerian Agama saat ini dipimpin adiknya, Yaqut Cholil Qoumas.

"Soal pansus haji ya. Nah, ini nan kemudian menimbulkan pertanyaan kepada kita pansus haji kemudian nyerang NU, jangan-jangan ini masalah pribadi. Jangan-jangan gitu loh. Jangan-jangan gara-gara menterinya adik saya," kata Gus Yahya dalam bertemu pers usai Rapat Pleno PBNU di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (28/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yahya mengatakan bakal terus memantau kelanjutan dari pansus itu. Sejauh ini dia merasa bingung tiba-tiba DPR membentuk pansus atas penyelenggaraan haji 2024.

Menurut Yahya, tak ada masalah berfaedah selama penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Dia menilai DPR tidak cukup memenuhi syarat untuk membentuk pansus. Sebab, hasil pemantauan internal PBNU, penyelenggaraan haji baik-baik saja.

"Kami melihatnya enggak ada nan bisa dijadikan argumen nan cukup untuk pansus ini dan masyarakat saya juga bisa memandang lagi. Kita kan punya jemaah nan berhaji juga," kata Yahya.

"Makanya itu kami juga ini apa gara-gara apa namanya marah kepada PBNU terus adik saya diincar," imbuh dia.

DPR membentuk pansus untuk mendalami penyelenggaraan Haji 2024 nan dinilai banyak diwarnai kejanggalan. Pansus diresmikan dalam rapat paripurna DPR nan dipimpin Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Anggota pansus angket pengawasan haji DPR dari Fraksi PKB Luluk Nur Hamidah menyebut tak ada niatan politis atas pembentukan pansus haji 2024.

Ia menegaskan pembentukan pansus itu merupakan tugas konstitusional DPR dalam menjalankan kegunaan check and balances terhadap pemerintah.

"Ini tugas konstitusional DPR. Kami melakukan kegunaan check and balances," kata Luluk lewat pesan singkat, Rabu (10/7).

(thr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional