Hasto PDIP Klaim Bakal ke KPK Pekan Depan soal Kasus Korupsi DJKA

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan bakal memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi pada pekan depan.

"Baru dikomunikasikan tim hukum, sekiranya minggu depan kami boleh datang, kami bakal datang," katanya di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (20/7).

Hasto dipanggil KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkerataapian (DJKA) Kementerian Perhubungan pada Jumat (19/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Hasto mengaku baru mengetahui panggilan tersebut pada hari nan sama saat dirinya tengah berada di Yogyakarta.

"Saya sendiri baru tahu pagi hari, suratnya sudah seminggu katanya, tapi saat itu saya sedang tugas di Jogja, diterima oleh driver kami, dan kemudian tidak ada laporan, sehingga saya tidak tahu," tuturnya.

Terkait pemanggilannya nan dilabeli berprofesi konsultan, Hasto menyebut pekerjaannya dulu di BUMN memang di bagian konsultasi, dan kolom pekerjaan di KTP-nya saat ini tetap diisi sebagai konsultan.

Namun, Hasto mengaku tidak ada sangkut paut alias upaya dengan perkeretaapian, nan saat ini tengah diusut dalam dugaan korupsi dan melibatkan dirinya.

"Kalau berasas keterangan dari Wasekjen, itu dikaitkan dengan Pilpres 2019, di mana posisi saya saat itu sebagai Sekretaris Tim Pemenangan, lantaran mengenai ada nan memberikan bantuan, dan kemudian disinyalir support tersebut, apakah ini tetap didalami oleh KPK, ada kaitannya dengan persoalan korupsi tersebut," kata Hasto.

Lebih lanjut, KPK sendiri bakal melakukan penjadwalan ulang mengenai pemanggilan Hasto jika memang berhalangan hadir, lantaran surat baru diterima.

"Kita juga memberikan kesempatan pada saksi nan merasa suratnya baru datang di hari H, untuk reschedule bisa memungkinkan, jadi tidak saklek kudu datang di hari tersebut selain nan berkepentingan bersedia untuk datang tetapi tentunya bakal dinilai," Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (19/7).

"Kalau memang ada kebenaran baru diterima hari ini bisa di-reschedule tanpa dibuatkan panggilan kedua," kata Tessa menambahkan.

(lmy/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional