Heru Budi Sebut Ibu Kota Sudah Resmi Pindah ke IKN Saat HUT ke-79 RI

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 29 Mei 2024 13:22 WIB

Heru nan juga Kepala Sekretariat Presiden mengatakan saat ini dirinya tengah mempersiapkan aktivitas HUT ke-79 RI di IKN Nusantara di Kalimantan. Pj Gubernur DKI Jakarta nan juga Kasetpres Heru Budi Hartono saat mendampingi Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan ibu kota negara sudah resmi pindah dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan saat HUT ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang.

Dia nan juga Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Jokowi itu mengatakan saat ini dirinya tengah mempersiapkan aktivitas HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ia menyebut pemerintah pusat bakal segera menerbitkan peraturan presiden (Perpres) mengenai pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya kira-kira seperti itu (17 Agustus ibu kota sudah resmi pindah). Sudah menjadi komitmen pemerintah pusat bahwa sesegera mungkin Perpres itu dikeluarkan, sehingga waktunya tepat untuk beranjak menjadi DKJ," ujarnya di Hotel Langham, Jakarta, Rabu (29/5).

Heru menyampaikan bakal ada serangkaian aktivitas nan dilakukan di IKN nan digelar mulai 1 hingga 17 Agustus 2024.

"Berikutnya 18 Agustus Bapak Presiden rencananya bakal meresmikan masjid IKN, dan itu kerangka awal untuk melakukan aktivitas pemerintahan di IKN," ujarnya.

Lebih lanjut, Heru mengatakan bakal ada aktivitas seremonial nan digelar dalam rangka melepas status DKI Jakarta menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) pada Agustus mendatang.

"Ada seremonial nan kira-kira kelak melepas bendera dan salinan proklamasi dari Monas ke Istana Jakarta, dari Istana Jakarta kelak menuju ke Istana IKN. Waktunya Agustus, itu menandakan bahwa persiapan upacara 17 Agustus di IKN," ucap Heru.

Status Jakarta sebagai ibu kota baru bisa tergantikan oleh Nusantara di Kalimantan Timur andaikan Keputusan Presiden tentang UU IKN terbit. Belum diketahui kapan patokan itu diterbitkan.

(lna/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional